Menghindarkan Siswa dari Narkoba

Beragam cara dapat dilakukan guru untuk membantu menghindarkan siswa-siswa yang beranjak remaja atau tengah dalam masa remaja, agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

beragam cara dapat dilakukan oleh guru untuk menghindarkan siswa dari penyalahgunaan narkoba. guru perlu awas dan membantu mereka agar menjadi pribadi yang sehat fisik dan mental
penyalahgunaan narkoba pada siswa dan remaja

Ciptakan Hubungan yang Akrab

Guru, sebagai orang tua dan teladan di sekolah harus membangun hubungan yang baik dan akrab dengan siswa-siswanya. Hal ini sangat penting. Tidak cuma untuk kepentingan pembelajaran di kelas tetapi juga untuk hal-hal lain seperti membantu siswa ketika mengalami permasalahan seperti kemungkinan akan terbawa ke dalam penyalahgunaan narkoba. Pendekatan melalui hubungan yang akrab oleh guru akan membantunya mengajak siswa agar terhidar dari jerat narkoba. Komunikasi yang baik oleh guru akan mampu menyelidiki apa yang diperlukan oleh anak, sehingga bantuan dengan cepat dapat diberikan kepada mereka yang beresiko terlibat atau terjerumus.

Berikan Apresiasi atas Prestasi Siswa

Tidak semua siswa berprestasi, itu benar jika kita membandingkan antara satu siswa dengan siswa lain. Tetapi, bukan itu yang dimaksud di sini. Ketika seorang siswa dapat mengerjakan tugas atau melakukan sesuatu atau telah belajar dengan sungguh-sungguh dan baik sesuai dengan potensinya, itu juga dapat dikatakan sebagai berprestasi. Berusahalah untuk selalu menemukan sisi-sisi positif dari seorang siswa. Bakat dan kemampuan yang berbeda-beda dari setiap anak mengharuskan guru menjadi pandai mengenali kelebihan dan potensi-potensi yang dimiliki setiap anak. Berikan apresiasi atas apa yang telah dapat mereka lakukan. Hal ini akan membantu mereka yang beresiko tinggi untuk terlibat penyalahgunaan narkoba menjadi lebih merasa dihargai, mendapatkan kehangatan dan perhatian yang mungkin sulit mereka dapat di rumah yang keadaannya tidak begitu menguntungkan.


Kenali Perubahan Kepribadian Siswa

Ketika anda menjadi seorang guru, kewajiban anda adalah mengenali bagaimana kepribadian setiap anak atau siswa. Ketika kepribadian mereka mengalami perubahan, itu menunjukkan telah terjadi sesuatu pada mereka. Perilaku seperti mulai berani membolos, berani melanggar peraturan sekolah, suka berbohong, prestasi belajar mereka menurun, bisa saja menunjukkan bahwa ada hal-hal negatif yang telah terjadi. Guru yang awas dan peduli akan berusaha mencari tahu apa penyebabnya. Dan, wasapadalah ketika mereka mungkin saja mulai mencoba-coba menggunakan narkoba. Pendekatan dari hati ke hati perlu dilakukan oleh guru untuk menentukan langkah apa yang selanjutnya akan dilakukan untuk mengembalikan mereka ke kondisi terbaiknya.

Sarankan Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

Di sekolah, ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh siswa. Ketika siswa kekurangan aktivitas untuk menggunakan waktu senggang, maka mereka akan cenderung berkumpul-kumpul dengan teman-teman sebaya mereka. Hal yang penting adalah kelompok-kelompok teman sebaya itu bukan kelompok macam geng remaja. Mengajak siswa untuk memilih salah satu atau dua kegiatan ekskul di sekolah pada sore hari adalah cara yang bagus bagi mereka untuk menggunakan waktu luang yang mereka miliki dengan kegiatan bermanfaat. Guru dapat mengenali bakat mereka dan sekolah dapat menyediakan kegiatan yang menarik dengan beragam bentuk untuk anak-anak. Sarankan mereka memilih ekskul sesuai minat atau bakat sehingga waktu mereka terisi oleh hal-hal yang positif dan menjauhkan mereka dari pergaulan yang tidak sehat.

Berikan Sosialisasi Bahaya Narkoba

Mencoba-coba adalah sifatnya remaja dan anak-anak. Ketika mereka berkumpul dengan teman sebaya yang menggunakan narkoba, mereka mulanya hanya akan mencoba-coba saja. Mungkin ditawari atau dibilang tidak "gaul". Karena itu penting bagi guru untuk memberikan sosialisasi bagaimana dampak dan bahaya narkoba. Berikan penjelasan bahwa mencoba-coba sesuatu yang negatif seperti narkoba akan sangat berbahaya karena akan membuat ketagihan. Narkoba bersifat adiktif (membuat kecanduan). Sekali mencoba akan membuat seseorang terjerat. Berikan pandangan-pandangan untuk mencari teman sepergaulan yang jauh dari narkoba dan perilaku menyimpang serta kenakalan remaja lainnya.

Kenakalan Siswa DiSekolah
Guru Menghina Siswa?
Siswa Melecehkan Guru?
Penyalahgunaan Narkoba
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...