Perkembangan dan Pandangan Ahli Psikologi Pendidikan

Apakah Perkembangan Itu?

Istilah perkembangan pada definisi menurut para ahli psikologi mengacu pada perubahan-perubahan yang terjadi pada seseorang sejak di dalam kandungan hingga meninggal. Istilah perkembangan tidak selalu diterapkan pada semua perubahan yang terjadi, tetapi hanya mengacu pada perubahan-perubahan yang terjadi secara berurutan dan tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama. Perubahan-perubahan singkat yang terjadi karena sebab seperti sakit, contohnya, tidaklah dimasukkan ke dalam perubahan perkembangan. Para ahli psikologi sebenarnya juga telah membuat kesepakatan mengenai perkembangan. Menurut para ahli perkembangan  adalah perubahan-perubahan untuk menjadi lebih baik (lebih maju) dan berdampak pada tingkah laku (perilaku) sehingga menjadi lebih adaptif, lebih terorganisasi, lebih efektif, dan lebih kompleks (Mussen, Conger, & Kagan, 1984).

Apakah Perkembangan Itu? Pada tulisan ini bapak dan ibu guru akan membaca apa itu perkembangan pada siswa (anak) dan apa-apa saja prinsip dari perkembangan menurut ahli psikologi pendidikan
apakah perkembangan itu?

Perkembangan manusia dapat dibagi menjadi beberaca macam aspek, yaitu perkembangan fisik (physical development), perkembangan kepribadian (personal development), perkembangan sosial (social development), dan perkembangan kognitif (cognitive development). Perkembangan fisik berhubungan dengan perubahan-perubahan yang ada pada tubuh seseorang secara fisik. Perkembangan kepribadian adalah perkembangan yang berhubungan dengan perkembangan dalam kepribadian seseorang. Perkembangan sosial adalah perkembangan  yang mengacu pada perubahan-perubahan bagaimana seseorang berhubungan dengan orang lain. Sedang perkembangan kognitif adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada proses berpikir seseorang.



Banyak sekali perubahan-perubahan selama proses perkembangan yang secara sederhana sebenarnya adalah proses pertumbuhan dan pendewasaan (pematangan). Pematangan atau pendewasaan mengacu pada perubahan-perubahan alamiah dan spontan seperti tumbuh membesar, meninggi, dan ini merupakan proses yang melibatkan genetik (faktor-faktor pembawa sifat yang diwarisi dari orang tua). Perubahan-perubahan yang berkaitan dengan pendewasaan dan pertumbuhan ini selalu terjadi seiring berjalannya waktu dan relatif tidak dipengaruhi oleh lingkungan, kecuali pada kasus-kasus seperti kekurangan nutrisi (gizi) atau penyakit tertentu yang diderita seseorang. Beberapa kategori perkembangan fisik masuk ke dalam kriteria ini. Perkembangan yang lain terjadi karena proses belajar dan proses ketika seseorang berinteraksi dengan lingkungannya. Perubahan-perubahan tersebut di atas membentuk bagian besar dari perkembangan sosial sesorang. Lalu bagaimanakah dengan perkembangan cara berpikir (kognitif) dan kepribadian? Kebayakan ahli psikologi setuju bahwa pada aspek ini baik pendewasaan dan interaksi dengan lingkungan (alamiah dan pembiasaan) sangatlah penting.



Prinsip-Prinsip Perkembangan Menurut Para Ahli Psikologi Pendidikan

Beberapa prinsip perkembangan pada seseorang yang secara umum disetujui oleh para ahli psikologi antara lain:

#1. Setiap Orang Berkembang Dengan Kecepatan Yang Berbeda-Beda

Pada suatu kelas, guru akan memiliki suatu contoh range bagaimana perkembangan setiap siswa itu berbeda-beda. Beberapa anak akan terlihat bertubuh lebih besar, lebih tinggi. Beberapa anak yang lain tampak lebih terkoordinasi gerakannya. Sementara siswa atau anak yang lain telah menunjukkan kedewasaan atau kematangan dalam berpikir.Hal ini sebenarnya adalah hal yang wajar kecuali pada beberapa kasus ketika seorang siswa atau anak tampak terlalu cepat berkembang atau terlalu lambat. Ini akan menunjukkan bagaimana ia begitu berbeda dari anak-anak yang lainnya. Dan, mungkin saja dalam kependidikannya, ia membutuhkan perlakuan khusus.

#2. Perkembangan Seseorang Relatif Terjadi Secara Berurutan

Semua orang berkembang dalam urutan atau tahapan tertentu. Pada saat bayi, mereka akan belajar duduk terlebih dahulu sebelum belajar berdiri, menggumam sebelum berbicara, dan melihat dunia dari cara pandang mereka sendiri sebelum mereka dapat memandang bagaimana orang lain melihat dunia. Pada pelajaran matematika, mereka terlebih dahulu akan menguasai penjumlahan sebelum dapat mengerjakan aljabar, begitu seterusnya. Para ahli psikologi dapat saja berbeda pandangan satu sama lain soal mana tahapan yang lebih dahulu, tetapi semua ahli psikologi setuju bahwa perkembangan itu terjadi dalam tahap-tahap yang berurutan.

#3. Perkembangan Terjadi Secara Berangsur-Angsur

Perkembangan tidak terjadi dalam semalaman atau dalam waktu yang sangat singkat tetapi terjadi secara perlahan-lahan (berangsur-angsur). Siswa kelas satu tidak akan langsung mahir memegang dan menggunakan pensil. Tetapi dengan bersama waktu mereka akan menguasainya. Siswa tak akan langsung pandai mengemukakan pertanyaan-pertanyaan hipotetis, tetapi akan belajar sedikit demi sedikit dengan seringnya mereka melakukannya (melatihnya).

Guru Efektif
Penyusunan RPP
Memelihara Motivasi Siswa
ZPD (Zone of Proximal Development) 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...