Pertanyaan adalah Pintu Informasi tentang Siswa Anda

Bapak dan Ibu guru yang sedang mengajar mestilah sering berkomunikasi dengan siswanya. Guru tidak boleh selalu mendominasi pembelajaran dengan berbicara, apalagi sepanjang waktu pembelajaran berlangsung. Bangun komunikasi dengan siswa melalui pertanyaan. Itu cara termudah untuk melakukannya. Tetapi, sesungguhnya ini relatif. Pertanyaan macam apa yang guru harus lontarkan? Apa tujuan pertanyaan tersebut diberikan?

Tahukah Bapak dan Ibu Guru, bahwa pertanyaan dapat digunakan untuk menggali banyak informasi dari siswa. Informasi ini sifatnya beragam, tetapi salah satunya adalah bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran mereka.

Biasakan bertanya. Pertanyaan adalah pintu informasi bagaimana pembelajaran berlangsung pada siswa anda. Buatlah rancangan pertanyaan yang bagus untuk digunakan dalam pembelajaran.
pertanyaan guru adalah pintu informasi pembelajaran siswa

Beberapa pertanyaan untuk menggali informasi seperti ini contohnya:
  • Berapa lama kamu bisa menyelesaikan soal hitungan ini?
  • Bagian mana dari langkah-langkah penyelesaian soal hitungan ini yang paling sulit?
  • Apa kira-kira cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu dalam menjawab soal hitungan ini?
Pertanyaan-pertanyaan seperti contoh di atas sangat perlu diberikan kepada siswa sambil berkomunikasi dengan mereka. Guru dapat mendekati mereka secara bergantian, berputar dari satu siswa ke siswa lain. Datangilah siswa yang terlihat bingung, kesulitan terlebih dahulu. Buat mereka merasa mampu dan percaya diri untuk meningkatkan kemampuannya.


Selain itu pertanyaan-pertanyaan juga dapat digunakan untuk membuat siswa berpikir secara lebih mendalam. Ada banyak model pertanyaan dapat diberikan kepada siswa sehingga mereka harus menjawab dengan berpikir terlebih dahulu secara mendalam. Cobalah untuk membuat mereka tidak sekedar menjawab dengan menggunakan teks pada buku bacaan atau buku paket mereka.

Pertanyaan-pertanyaan semacam ini sebaiknya dibuat terlebih dahulu sebelum guru masuk mengajar. Perlu persiapan amunisi pertanyaan yang berkualitas agar dapat memancing siswa berpikir mendalam dan tak sekedar menjawab menggunakan buku teks. Perencanaan pertanyaan-pertanyaan penting apa yang akan diberikan pada sebuah sesi pembelajaran akan membantu guru mengajar dengan efektif tanpa harus "berpikir lama" untuk menemukan pertanyaan berkualitas selama pembelajaran.

Melalui pertanyaan yang membuat siswa berpikir secara mendalam itu, guru juga sekaligus dapat mengetahui informasi mengenai seberapa dalam pemahaman mereka akan suatu topik atau bahasan. Informasi ini selanjutnya dapat digunakan guru untuk memberikan penekanan-penekanan pada bagian materi ajar tertentu yang masih dibutuhkan siswa untuk dikuatkan.

Siswa dan Tujuan pembelajaran
Keterampilan Bertanya Siswa
Tips Pembelajaran Teacher Centered
Diskusi Kelas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...