Cara Membuat Bulu Burung Imitasi untuk Bahan Dekorasi

Bulu Burung Imitasi (Tiruan) ini Cocok untuk Bahan Dekorasi (Penghias)

Masih punya kertas bekas atau potongan kertas bekas warna-warni? Dibuang tentu sayang, dan tak ramah lingkungan. Mau lebih "green" karena kertas itu dibuat dengan bahan kayu atau pohon? Baiklah, kali ini ada ide baru tentang bagaimana memanfaatkan potongan-potongan kertas berwarna menjadi bahan untuk dekorasi yang berbentuk bulu burung yang cantik. Cara membuatnya gampang sekali. Karena itu, kita bisa mengajak anak-anak atau siswa Bapak dan Ibu guru untuk membuatnya. Iya... kalau sudah jadi bulu burung imitasinya, akan bagus sekali untuk bahan menghias dinding ruang kelas, dipasang sebagai penghias pensil dengan cara mengikatnya dengan selotif. Dimasukkan ke dalam botol kaca yang bening juga oke. Atau... dirangkai dengan bunga-bunga kertas di dalam vas juga tentu keren. Lihatlah gambar di bawah ini. Itulah bentuk bulu burung imitasi untuk bahan dekorasi yang akan kita buat. Bagus kan?

cara membuat bahan dekorasi dari kertas bekas berwarna yang bentuk bulu burung. mudah sekali untuk diajarkan kepada siswa SD atau anak-anak yang lebih muda
bulu burung imitasi dari potongan kertas bekas

Cara Membuat Bulu Burung Imitasi dari Potongan-Potongan Kertas Bekas

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat bulu burung tiruan seperti gambar di atas. Yakin deh, anak-anak SD kelas rendah juga pasti bisa membuatnya. Yuk kita simak caranya sambil memperhatikan foto-foto yang diberikan.
  1. Siapkan bahan berupa potongan-potongan kertas. Ukuran sesuai selera saja. Saya sendiri hanya mengambil potongan kertas dengan lebar sekitar 4 - 6 cm, dan panjang sekitar 10 - 20 cm. Pokoknya kita gunakan yang tersedia saja.


  2. potongan-potongan kertas ini akan disulap menjadi bulu burung imitasi yang cantik
    sisa potongan-potongan kertas ini sayang kalau dibuang

  3. Siapkan gunting kertas. Hati-hati dan awasi jika kita mengajarkan membuat bulu burung ini pada anak-anak yang masih kecil. Jangan sampai mereka cedera (luka) karena tergunting tangan.
  4. Lipat potongan kertas berwarna berdasarkan sisi panjangnya. Ajari anak-anak yang lebih muda untuk melakukannya. Tidak perlu harus lurus dan rapi. Justru jika lipatan sedikit bengkok atau sedikit miring akan memberikan efek natural pada hasil akhir di bentuk bulu burung imitasi yang mereka akan buat.


  5. cara membuat bulu burung imitasi untuk bahan dekorasi yang sangat mudah untuk anak-anak SD
    lipat dua potongan kertas di sisi panjangnya

  6. Gunting kertas yang telah dilipat dua berdasarkan sisi panjangnya tadi membentuk belahan bulu. Untuk membantu anak-anak yang lebih muda, dapat disiapkan sebuah pola untuk dijiplak ke atas kertas dan diberi garis dengan pensil agar membudahkan mereka melakukan pengguntingan dengan mengikuti garis pola dari pensil.
  7. Lihatlah, hasilnya akan seperti gambar berikut.


  8. inilah bentuk dasar bulu burung imitasi dari potongan kertas berwarna yang sangat cocok diajarkan pada anak-anak SD atau bahkan yang lebih muda seperti TK
    bentuk dasar diperoleh dengan guntingan seperti ini

  9. Selanjutnya, gunting kertas secara menyerong untuk membentuk pecahan-pecahan pada sisi bulu burung imitasi yang akan dibuat. Di sini anak-anak akan belajar menggunting dengan sejajar dan membentuk irisan tipis-tipis. Pengguntingan boleh dilakukan pada salah satu sisi terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan pada sisi lainnya. Ajari anak-anak untuk berhati-hati agar pengguntingan tidak sampai mengenai bekas lipatan. Mereka harus menyisakan sekitar 0,5 cm dari garis lipatan agar bulu burung dari kertas ini tidak putus.


  10. mulailah pengguntingan dengan cara menyerong dan dilakukan pada salah satu sisi bentuk bulu burung imitasi yang akan dibuat
    mulai gunting menyerong pada satu sisi lebih dulu

  11. Oh ya, jika ingin lebih cepat, anak-anak daat diajari untuk langsung menggunting kedua sisi bulu burung imitasi ini dengan masih dalam posisi terlipat. Tetapi hasil akhirnya tentu akan lebih bagus yang digunting sisi per sisi secara bergantian. Hal ini disebabkan pengguntingan pecahan bulu dari sisi per sisi akan tampak lebih natural karena tidak simetris.


  12. bahan dekoratif yang sederhana namun indah dan cara pembuatan yang mudah untuk membuat bulu burung imitasi
    boleh juga langsung digunting saat masih terlipat seperti ini


    cara super mudah untuk membuat kerajianan tangan atau prakarya dari kertas bekas
    inilah 3 buah bulu burung imitasi dari kertas berwarna bekas siswa potongan

Nah, sangat mudah sekali bukan cara membuat bulu burung imitasi dari potongan-potongan kertas bekas berwarna ini.

Prakarya dari Cangkang Kerang
Media Seni Lukis dari Batu Kali
Membuat Burung Lucu dari Kertas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...