Cara Membuat Burung Lucu dari Kertas Warna Warni untuk Anak TK dan Kelas 1

Hallo Bapak dan Ibu Guru. Mengajar di TK atau Kelas 1 SD? Nih ada kerajinan tangan (prakarya) baru yang mudah tetapi unik dan bisa diajarkan kepada anak-anak cara membuatnya. Kerajinan dari kertas warna-warni membuat burung lucu ini cocok sekali untuk anak-anak yang sedang mengembangkan motorik halusnya, seperti mereka yang sedang belajar di Taman Kanak-Kanak atau Sekolah Dasar kelas rendah. Burung ini tampak lucu dan menarik untuk anak-anak karena dibuat dari kertas warna-warni. Jangan salah lho. Ini bahannya cuma sisa-sisa kertas bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Mau tau bagaimana cara membuatnya? Siapa tahu mau mengajak anak-anak di kelas Bapak dan Ibu Guru untuk berkreasi. Simak ya.

bagaimana cara membuat burung kertas yang lucu, warna-warni dan unik ini? anak-anak TK dan SD kelas 1 pun akan bisa melakukannya di bawah bimbingan guru
lucu kan, burung warna-warni dari kertas ini?

Alat dan Bahan untuk Membuat Burung Lucu yang Mudah

Siapkan alat-alat dan bahan berikut untuk membuat burung lucu seperti gambar di atas.
  • kertas warna-warni (saya pakai kertas bekas sampul makalah siswa yang sudah tidak terpakai). Boleh juga tentu menggunakan kertas lainnya.
  • Sebuah mug dengan diameter sekitar 8 cm, dan gelas kecil dengan diameter sekitar 5 cm. Ini akan kita jadikan pola untuk membuat lingkaran di atas kertas nantinya.
  • spidol/pensil/pulpen.
  • gunting
  • lem kertas
  • pelubang kertas

Cara Membuat Burung Lucu dari Kertas Warna Warni

Nah, sekarang ikuti bagaimana cara membuatnya. Agar lebih mudah (dan sebenarnya sangat mudah dan sederhana), tulisan cara membuat burung lucu warna-warni dari kertas untuk anak-anak TK dan SD kelas 1 ini diberikan pula foto-fotonya. Siap? Oke.. lanjut.
  • Ajari anak meletakkan mug secara terbalik (tertelungkup) di atas kertas, lalu ajari mereka untuk membuat lingkaran dengan menggunakan spidol. Jangan khawatir jika hasilnya tidak sempurna. Biasalah anak-anak kecil memang keterampilan motorik halusnya belum sempurna dan perlu banyak latihan.
  • Ajak anak-anak untuk melakukan hal yang sama untuk gelas kecil. (Menggambar pola lingkaran dengan menggunakan bantuan gelas kecil di atas kertas yang berbeda warna). Bebaskan anak menentukan warna yang mereka sukai supaya kegiatan ini membuat burung lucu ini menjadi semakin menyenangkan bagi mereka.

gunakan mug atau cangkir dan gelas atau benda lainnya di sekitar untuk membantu anak-anak membuat pola lingkaran
mug dan gelas sebagai alat bantu membuat pola lingkaran

  • Hasilnya seperti gambar berikut ini. Lihatlah, ada dua buah gambar lingkaran di atas kertas yang mempunyai warna berbeda. Pola ini nantinya harus digunting anak-anak. Awasi bagaimana cara mereka menggunakan gunting, ajari cara meletakkan dan menggunakan gunting yang benar sehingga mereka terhindar dari resiko cedera atau terluka.
ada 2 pola lingkaran yang diperlukan untuk membuat burung dari kertas ini. satu lingkaran berukuran lebih besar dari lingkaran yang satunya lagi
gunakan spidol dan buat pola lingkaran seperti ini
  • Setelah anak menggunting kedua lingkaran tersebut, ajari juga mereka untuk membuat potongan persegi dengan warna berbeda. Satu berukuran sekitar 3 cm x 4 cm dan satunya lagi lebih besar, sekitar 5 cm x 7 cm. Ukuran ini hanya perkiraan. Tidak perlu terlalu akurat. Perhatikan, jangan terlalu meminta anak untuk membuat guntingan yang rapi sempurna. Mereka mungkin akan kesulitan melakukannya.

persegi kecil dan besar akan digunakan untuk membuat bentuk paruh dan ekor burung lucu kita nantinya
minta anak-anak membuat 2 buah persegi besar dan kecil juga

  • Perlu diketahui bahwa lingkaran besar akan membentuk badan burung. Lingkaran kecil akan membentuk sayap, sementara persegi kecil akan membentuk paruh burung dan persegi besar akan membentuk ekot burung. Oh ya, saat selesai menyiapkan guntingan-guntingan bagian-bagian tubuh burung lucu warna-warni ini anak dapat diajarkan bentuk-bentuk bangun seperti lingkaran dan persegi, membedakan warna untuk anak-anak TK, dan menentukan mana bentuk yang ukurannya besar dan mana yang kecil.
  • Kita lanjutkan ya. Sekarang ajar anak untuk membuat lipatan yang membagi sama semua bentuk-bentuk tersebut. Hasilnya harusnya akan seperti gambar berikut. Tetapi sekali lagi kami ingatkan, lipatan tidak harus sempurna. Tidak rapi atau sedikit tidak sama tidak apa-apa. Toh tujuan kegiatan keterampilan/prakarya ini memang untuk melatih kemampuan motorik halus anak-anak yang belum berkembang sempurna.
lipat semua bagian tubuh burung pada simetrinya sehingga memiliki dua sisi sama besar
ajari anak melipat semua bagian tubuh burung menjadi dua bagian yang sama besar

  • Jika semua bagian sudah dilipat, siapkan lem dan minta anak-anak untul menyatukan bagian badan burung dengan sayapnya. Caranya minta anak menempelkan lingkaran kecil di atas lingkaran besar seperti gambar di bawah ini. Perhatikan bahwa garis lipatan dapat membantu anak-anak untuk meletakkan keduanya bertumpuk secara tepat.
berikutnya tempelkan lingkaran kecil di atas lingkaran besar. Lingkaran kecil akan jadi sayap dan kepala sementara lingkaran besar akan membentuk badan burung yang lucu
tempel lingkaran kecil di atas lingkaran besar sesuai garis lipatan
  • Selanjutnya, mintalah anak-anak untuk membalikkan kedua lingkaran yang telah dilem sebelumnya. Mereka sekarang harus menempelkan persegi kecil di bagian yang lingkaran kecilnya menempel hingga ke bagian tepi lingkaran besar. Persegi kecil ini akan mebentuk paruh burung kita.

menempelkan persegi kecildi bagian depan tubuh burung juga sesuai garis lipatan
tempelkan persegi kecil di bagian depan

  • Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan meminta anak menempelkan persegi dengan ukuran besar ke sisi lainnya dari lingkaran besar. Minta anak-anak untuk memperhatikan bahwa ada garis lipatan yang dapat mempermudah mereka untuk melakukannya.
tempelkan kertas persegi besar di bagian belakang tubuh burung untuk membentuk ekor
menempelkan persegi besar untuk membuat ekor burung

  • Selanjutnya, minta anak-anak membalikkan konstruksi calon burung lucu mereka. Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut.
jika dibalikkan, maka akan tampak seperti ini hasilnya
balikkan guntingan-guntingan kertas yang sudah disatukan dengan lem

  • Berikutnya, ajari anak untuk menggunting ujung persegi kecil yang telah dtempelkan tadi dengan bentuk runcing di bagian ujung. Paruh burung kan mestinya berbentuk demikian. Hati-hati, bantu mereka melakukannya jika anak-anak belum dapat memegang dan menggunakan gunting dengan benar.
tahapan selanjutnya adalah menggunting bagian paruh dengan bentuk runcing
minta anak menggunting paruh dengan bentuk runcing

  • Kegiatan berikutnya adalah: anak harus menggunting persegi berukuran besar dengan bentuk membulat di bagian ujungnya untuk membentuk ekor burung. Bantu mereka dan arahkan mereka melakukannya dengan baik. Jangan terlalu berharap hasil guntingan mereka sempurna. Nah sekarang bentuk burung lucunya sudah mulai tampak bukan? Tapi rasanya ada yang kurang deh. Apa ya? Oh.. burung lucu ini belum punya mata.
ajari anak-anak untuk menggunting bagian ekor dengan bentuk membulat
gunting ekor dengan bentuk membulat

  • Gunakan sebuah pelubang kertas untuk binder seperti gambar berikut. Ini dapat menjadi kegiatan asyik juga buat anak-anak. Sediakan beberapa helai kertas untuk mereka lubangi dengan alat tersebut. Tetapi kita tidak akan menggunakan kertas yang telah mereka lubangi itu, melainkan justru potongan berbentuk bulatan kecil yang tersimpan di dalam pelubang itulah yang dibutuhkan untuk membuat mata burung. Bantu atau ajari anak-anak untuk mengeluarkan bulatan-bulatan kertas kecil itu dari bagian bawah alat. Hati-hati, jangan sampai tangan mereka terjepit saat melakukannya. 
  • Ajak anak-anak memisahkan bulatan-bulatan itu kemudian memberinya dengan sedikit saja lem kertas.
membuat mata burung dengan alat pelubang kertas juga akan sangat menyenangkan untuk anak-anak
mempersiapkan mata burung dengan potongan kertas bulat dari alat pelubang kertas
  • Ajari mereka menempelkan kertas bulat kecil itu untuk membentuk mata burung. Arahkan mereka untuk meletakkannya di tempat yang sepadan dengan bagian-bagian tubuh burung lainnya. Sedikit tidak pas tidaklah mengapa.
  • Hasilnya akan seperti gambar berikut. Bagus bukan?
  • Siapakn banyak kertas dengan beragam warna agar mereka dapat membuatnya berulang-ulang.
proses terakhir adalah menempelkan bagian mata burung, agak sulit memang untuk anak-anak yang masih kecil dan muda
tempelkan mata dan burung lucu warna-warni pun jadilah sudah
Demikian cara membuat burung lucu dari kertas warna-warni untuk anak-anak yang masih duduk di bangku TK dan SD kelas 1 atau kelas rendah lainnya. Selamat berkreasi bersama anak-anak.

Burung dari Daun kelapa (Janur)
Origami Burung Hantu
Kerajinan Tangan Quilling Sederhana Bentuk Burung
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...