Cara Menggunakan Google Image Search untuk Blogger

Google Image Search atau Google Search by Image adalah mesin pencari google khusus untuk pencarian informasi melalui google dengan menggunakan gambar. Tool ini sangat bermanfaat untuk blogger, karena seringkali blogger menggunakan gambar yang tersedia di internet secara untuk konten blognya. Nah, dengan tool gratis dari google yang sudah menjadi salah satu mesin telusur google ini, blogger dapat menemukan informasi tentang gambar yang akan dipakainya tersebut, atau mencari gambar yang serupa dan mirip, dan beragam manfaat lainnya. Tulisan kali lebih difokuskan tentang bagaimana cara menggunakan google image search (pencarian gambar google).

Kami menyarankan untuk hasil terbaik pemanfaatan pencarian gambar melalui google (google image search) adalah dengan menggunakan browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer dan Safari. Baiklah sekarang marilah kita bahas cara menggunakan tool gratis google ini dan apa manfaatnya untuk blogger.

Cara Mencari Gambar yang Sama atau Mirip

Blogger seringkali sebelum memposting sebuah artikel mencari gambar terlebih dahulu untuk tambahan artikelnya tersebut. Gambar tentunya harus diambil dari situs penyedia gambar tanpa lisensi (creative commons 0.0), terutama ini untuk admin blog yang cuma sekedar menulis untuk hobby atau belum punya modal untuk membeli gambar berlisensi. Pinginnya yang gratisan saja tapi gambarnya tetap bagus. Hihi..hi... Oke lanjut ya. Nah, setelah ketemu gambar yang cocok, tidak ada salahnya sebelum memutuskan untuk mengambil gambar tersebut, kita mengecek kembali apakah gambar itu sudah banyak yang memakai untuk konten blognya atau belum. Tujuannya bisa sangat berbeda, misalnya pertama, seorang blogger yang tidak yakin apakah gambar tersebut benar-benar aman dan tidak melanggar hak cipta (copyright), maka akan mencari gambar yang telah banyak dipakai di blog lainnya. Atau tujuan kedua, si blogger justru ingin gambar yang akan digunakannya dan telah diyakininya aman dari pelanggaran hak cipta itu masih belum banyak digunakan di blog atau situs lain, bahkan belum ada yang memakai sehingga menjadikan gambar di konten blognya nanti lebih unik. Nah, adapun cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.
  • Masuk ke pencarian google di http://google.com
  • Masukkan kata kunci anda misalnya kita akan menggunakan kata kunci "kelapa".
  • Tekan ENTER pada keyboard untuk memulai pencarian.


  • mesin pencari google sangat ampuh, salah satunya untuk mencari gambar yang kita inginkan untuk disematkan ke dalam artikel blog
    contoh hasil pencarian oleh google

  • Setelah halaman hasil pencarian terbuka, perhatikan tab menu di bawah kotak pencarian, klik GAMBAR. Maka hasil penelusuran yang diberikan google melulu gambar yang berhubungan dengan kata kunci "kelapa".


  • google image search sangat membantu blogger untuk memperkaya konten blog dengan foto atau gambar-gambar yang dibutuhkan
    hasil pencarian google images

  • Selanjutnya, karena kita akan mencari gambar bebas tanpa lisensi (aman dari pelanggaran hak cipta), maka kita harus filter dulu hasil pencarian gambar ini dengan mengklik submenu ALAT PENELUSURAN.
  • Muncul menu bar drop down, klik HAK PENGGUNAAN.
  • Muncul lagi menu drop down, pilih dengan diklik DILABELI UNTUK DIGUNAKAN ULANG DENGAN MODIFIKASI.
  • Nah, sekarang inilah gambar-gambar yang akan dapat kita gunakan untuk ditambahkan pada artikel atau konten blog kita. Silakan klik kanan pada gambar yang diinginkan, kemudian akan muncul sebuah jendela kecil, pilih OPEN LINK IN NEW TAB. 
  • Selanjutnya pada tab baru yang terbuka itu akan muncul preview gambar yang kita inginkan. Kita akan mencopy URL gambar ini untuk memberi credit kepada pemilik gambar. Caranya klik kanan pada tombol berwarna abu-abu KUNJUNGI LAMAN. Lalu pilih COPY LINK LOCATION. Kemudian buka aplikasi Notepad dan paste-kan URL gambar tersebut di sana untuk diambil pada saat akan mencantumkan kredit untuk pemilik asli gambar atau pada saat akan mengcopy atau menyimpan gambar ini bila sesuai keinginan kita.


  • dari hasil pencarian gambar google kita akan dapat mengetahui URL gambar tersebut dengan mudah
    cara memperoleh URL gambar

  • Nah, sekarang langkahnya adalah mengecek apakah gambar ini sudah banyak yang menggunakan atau bahkan belum ada yang menggunakan. Silakan ikuti langkah berikutnya.
  • Buka kembali tab browser untuk halaman hasil pencarian gambar google.
  • Seret atau drag gambar yang diincar tadi ke arah kotak pencarian google di atasnya, maka akan muncul sebuah jendela kecil bertuliskan LEPASKAN GAMBAR DI SINI. Nah, lepaskan gambar tersebut.
  • Akan muncul hasil pencarian baru berdasarkan gambar tersebut, di mana google akan menunjukkan halaman-halaman situs web atau blog yang telah menggunakan gambar yang kita incar tersebut sebagai bagian kontennya.


  • cara lainnya untuk memanfaatkan pencarian gambar google adalah dengan menyeret gambar atau melakukan drag ke kotak pencarian
    drag (menyeret) gambar ke kotak pencarian gambar

  • Nah, cobalah mengklik beberapa hasil yang diberikan untuk mengecek penggunaan gambar tersebut pada situs atau blog yang bersangkutan. Lalu kita dapat memutuskan apakah kita akan menggunakan gambar tersebut atau tidak. Hal ini seperti disebutkan di awal, tergantung tujuan kita, apakah ingin gambar yang fresh dan belum banyak dipakai, atau justru ingin menggunakan gambar yang juga banyak digunakan blog atau website lainnya.


  • kadangkal suatu gambar telah sangat banyak digunakan oleh blog atau website lain, sehingga tentu agak kurang menarik atau unik jadinya untuk bahan konten blog kita
    ini contoh hasil pencarian gambar yang mirip secara visual

Pencarian Gambar Google Image Langsung dan Cepat dari Mozilla Firefox atau Google Chrome dengan Bantuan Add-On

Mozilla Firefox dan Google Chrome adalah 2 macam browser yang menyediakan add-on untuk mempermudah penggunanya dalam memanfaatkan google serach by image atau pencarian gambar google ini. Karena menggunakan add-on, tentunya kita harus menginstall terlebih dahulu add-on ini di Mozilla Firefox atau Google Chrome yang kita gunakan. Cara menelusuri gambar dengan add-on ini sangat bermanfaat bagi seorang blogger ketika ia melakukan penulisan ulang sebuah artikel yang idenya diperoleh dari blog lain. Dan mungkin blogger ini juga akan menggunakan gambar yang sama dengan gambar yang digunakan oleh blogger yang menjadi bahan idenya itu. Hei... ini bukan mencuri konten atau copy-paste ya.. Kan ditulis ulang. Boleh toh. Nah, jika kita jenis blogger yang suka begini, maka penting sekali untuk mengecek dari mana gambar tersebut berasal, atau mungkin ada gambar lain yang sangat mirip secara visual untuk melengkapi artikel kita itu. Caranya begini.
  • Install add-on google search by image melalui link ini untuk Mozilla Firefox atau melalui link ini untuk Google Chrome
  • Setelah terinstall dengan benar, maka dengan mudah kita dapat menggunakannya. Misalnya, saat membuka-buka halaman atau artikel blog orang, dan ketemu gambar yang bagus, maka kita tinggal klik kanan pada gambar tersebut. Maka akan terbuka jendela untuk kita memilih tindakan yang akan kita lakukan dengan gambar tersebut. PilihlahSEARCH GOOGLE WITH THIS IMAGE.


  • cara lain yang dapat memudahkan dan mempercepat pencarian gambar yang berasal dari sebuah halaman blog atau website adalah dengan menggunakan add-on, berfungsi pada mozilla firefox dan google chrome
    pencarian gambar google dengan add-on di Mozilla Firefox

  • Selanjutnya akan terbuka hasil pencarian google terkait gambar tersebut, yaitu website atau blog mana saja yang telah menggunakan gambar tersebut. 
  • Misalnya hasilnya seperti ini.
  • Cara yang sama juga berlaku untuk browser Google Chrome yang telah dipasangi add-on ini.

Menggunakan URL Gambar dari Sebuah Halaman Web atau Blog

Jika anda tidak mau mengistall add-on seperti cara di atas, anda juga dapat melakukannya dengan cara instan lain, yaitu dengan mengkopi URL gambar atau foto dari sebuah halaman blog atau website, lalu mem-paste-nya pada tool pencarian gambar google di http://images.google.com. Untuk meng-copy URL gambar, klik kanan gambar lalu pilih COPY LINK LOCATION. Cara ini dan cara menggunakan add-on di atas hanya dapat dilakukan pada website atau blog yang tidak memblok (memproteksi) penggunanya untuk melakukan klik kanan pada halaman mereka.

Mengupload Gambar Ke Pencarian Gambar Google (Image Search by Google)

Nah, ini cukup mengasyikkan ketika kita punya gambar menarik semacam foto indah destinasi wisata atau sebuah gedung yang begitu memesona tetapi kita tidak tahu foto itu diambil di mana, oleh siapa, dan aslinya diupload di website mana. Kan kita kadang-kadang suka menyimpan suatu gambar dari internet tapi lupa menambahkan keterangan foto itu didownload dari mana. Maka cara upload adalah cara yang sangat bagus untuk menelusurinya kembali.

memperoleh informasi dari sebuah foto atau gambar yang tersimpan di laptop atau komputer kita dengan images.google.com menyediakan opsi upload gambar atau foto
http://images.google.com menyediakan opsi upload gambar atau foto juga

Cara ini bahkan dapat dilakukan untuk foto yang belum pernah diupload di internet (foto dari kamera anda sendiri), utamanya untuk kategori bangunan terkenal atau landscape (pemandangan alam). Tidak tertutup juga kemungkinan untuk objek lainnya. Cerdas juga ya si google! Google akan mencari gambar yang secara visual mirip dengan foto atau gambar yang kita upload.

  • Caranya, klik gambar kamera pada kotak pencarian gambar google di http://images.google.com. 
  • Lalu akan muncul sebuah menu tab, pilih UNGGAH GAMBAR
  • Klik BROWSE untuk menuju lokasi gambar atau foto dari komputer kita. 
  • Tunggu hingga gambar terupload dengan sempurna.
  • Maka akan muncullah hasil pencarian yang kita butuhkan, baik informasi tentang gambar tersebut, maupun gambar-gambar lainnya yang mirip.
Selamat mencoba!
Google Weblight
Google Webmaster
Keyword Pengunjung Blog
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...