Informasi Lomba: Olimpiade Guru Nasional (OGN) 2016 untuk Guru Pendidikan Menengah

Ada lomba baru nih di tahun 2016 untuk guru-guru yang berada di bawah naungan Dikmen (Pendidikan Menengah), namanya OGN (Olimpiade Guru Nasional). Sepertinya lomba yang satu ini bakal jadi semacam ajang bergengsi tahunan menggantikan OSNG (Olimpiade Sains Nasional Guru), karena kalau kita baca tata cara dan teknis pelaksanaannya sangat mirip dengan Olimpiade Sains Guru Nasional atau OSNG, hanya saja bidang yang dilombakan diperluas. Kalau OSNG hanya mencakup mata pelajaran matematika dan sains (Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi), maka bedanya pada lomba OGN (Olimpiade Guru Nasional) ini bidang yang dilombakan lebih banyak (menyeluruh pada mata pelajaran-mata pelajaran yang diajarkan di sekolah menengah tingkat atas) atau guru-guru di bawah naungan dikmen. Mau tau informasi selengkapnya. Lanjut ya...

OGN (Olimpiade Guru Nasional) tahun 2016 akan digelar berjenjang mulai seleksi tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional sesuai dengan pedoman yang ditetapkan
guru SMA/SMK siap-siap ikut OGN (pengganti OSN-Guru)

Pada sebuah Surat Edaran tertanggal 4 Maret 2016 (wah sudah beberapa minggu yang lalu ternyata), bahwa Dirjen GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang ditandatangani Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Bapak Drs. Anas M. Adamm M.Pd. dengan tembusan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Kasubag TU Dit. Pembinaan Guru Dikmen, menyampaikan informasi penyelenggaraan Olimpiade Guru Nasional (OGN) tahun 2016. Surat bernomor 04313/B4.4/LL/2016 itu telah ditujukan kepada Kepala-Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala-Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Adapun isi surat tersebut kami perinci dalam informasi berikut.



Bagaimana Cara Mengikuti OGN (Olimpiade Guru Nasional) tahun 2016?

  • Lomba atau Olimpiade ini akan diadakan dengan cara berjenjang, di mana seleksi akan dilakukan mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, hingga akhirnya tingkat nasional.
  • Bidang yang akan dilombakan dalam OGN tahun 2016 meliputi:
    • Matematika untuk guru SMA/SMK
    • Fisika untuk guru SMA/SMK
    • Biologi untuk guru SMA/SMK
    • Kimia untuk guru SMA/SMK
    • Ekonomi untuk guru SMA/SMK
    • Sosiologi untuk guru SMA/SMK
    • Geografi untuk guru SMA/SMK
    • Sejarah untuk guru SMA/SMK
    • Bahasa Indonesia untuk guru SMA/SMK
    • Bahasa Inggris untuk guru SMA/SMK
    • Penjasorkes untuk guru SMA/SMK
  • Memenuhi persyaratan administrasi

Bagaimana Teknis Pelaksanaan Seleksi OGN (Olimpiade Guru Nasional) tahun 2016 pada Setiap Tingkatan Dilakukan?

Berikut ini adalah mekanisme pelaksanaan seleksi OGN di setiap tingkatan mulai dari kabupaten/kota. provinsi, hingga tingkat nasional.

Seleksi OGN tahun 2016 tingkat Kabupaten/Kota

Untuk pelaksanaan seleksi OGN di tingkat kabupaten/kota, maka dinas pendidikan kabupaten kota akan melakukan seleksi tes tertulis, di mana materi soal disiapkan sendiri oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan memperhatikan kisi-kisi atau cakupan materi yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah. Sebagai pengetahuan anda yang berminat untuk mengikuti seleksi OGN, di tingkat kabupaten/kota, soal akan terdiri dari 2 komponen yaitu: (1) kompetensi pedagogik sebanyak 30% dan (2) kompetensi profesional atau penguasaan bidang studi sebanyak 70%. Agenda pelaksanaannya sekitar bulan Mei-Juni 2016.

Seleksi OGN tahun 2016 tingkat provinsi

Pada tingkat provinsi, para pemenang di tingkat kabupaten/kota kemudian akan mengikuti lagi seleksi di tingkat provinsi di mana seleksi juga melalui tes tertulis dengan komposisi soal kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional pada bidang studi masing-masing dengan proporsi (30% dan 70%) atau sama dengan proporsi soal waktu di kabupaten/kota. Soal-soal yang diberikan akan disiapkan oleh tim dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah. Tampaknya ini serupa dengan kegiatan OSN Guru yang lalu-lalu, di mana tim seleksi dari direktorat akan menyebar ke setiap provinsi untuk menyeleksi langsung calon peserta yang berhasil lolos di kabupaten/kota untuk dipilih selanjutnya ke tingkat nasional. Diagendakan jadwal pelaksanaan seleksi OGN (Olimpiade Guru Nasional) tahun 2016 akan dilaksanakan di tingkat propinsi pada bulan Agustus - September 2016.

Seleksi OGN tahun 2016 tingkat Nasional

Pada tingkat nasional, para peserta yang telah diseleksi di level provinsi akan berlaga di bulan November 2016. Berbeda dengan seleksi di tingkat kabupaten/kota atau provinsi, maka Olimpiade Guru di tingkat nasional ini akan menggunakan tes tertulis dan juga tes eksperimen/workshop. Untuk tes tulis, komposisi soal untuk kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional pada biddang studi masing-masing guru tetap 30:70 sesuai kisi-kisi materi yang diberikan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dengan soal yang juga langsung dibuat oleh tim direktorat ini.

Persyaratan Mengikuti Peserta untuk Mengikuti Seleksi OGN 2016 (Olimpiade Guru Nasional)

Setiap calon peserta yang ingin mengikuti seleksi OGN tahun 2016 harus memenuhi persyaratan administrasi sebagai berikut:
  1. Peserta merupakan guru SMA/SMK yang berstatus sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau bukan PNS yang memiliki SK (Surat Keputusan) sebagai GTY (Guru Tetap Yayasan).
  2. Peserta memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  3. Peserta tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas/alih fungsi ke unit kerja lainnya.
  4. Peserta mempunyai masa kerja sebagai guru secara terus-menerus (tanpa terputus) sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun dan harus dibuktikan dengan SK CPNS atau SK pengangkatan untuk peserta dari guru bukan PNS.
  5. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, atau perunggu pada lomba OSN Guru.
  6. Peserta tidak pernah menjadi finalis OSN Guru tingkat nasional selama 3 tahun berturut-turut.
  7. Peserta memiliki kualifikasi akademik minimal S1/D4 Pendidikan/Non Kependidikan sesuai dengan bidang lomba yang diikutinya atau bidang tugas (mata pelajaran) yang diampu.
  8. Peserta mendapat Surat Tugas dari Kepala Sekolah (seleksi tingkat Kabupaten), Surat Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota (untuk seleksi tingkat provinsi), dan Surat Tugas dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi (untuk seleksi tingkat nasional).
Selain itu, khusus untuk persyaratan di tingkat nasional, maka peserta wajib menyerahkan risalah akademik dengan sistematika yang tertuang pada Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional tahun 2016.

Bagaimana? tertarik mengikutinya? untuk lebih jelasnya silakan mendownload Surat Edaran dari Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah di sini

Informasi Terbaru Pemilihan GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016

Pelatihan Gratis Internasional untuk Guru
Diklat Internasional Gratis untuk Kepala Sekolah dan Pengawas

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...