Cara Membuat Gelembung Sabun yang Besar dan Banyak Tanpa Bahan Kimia

Pernah main gelembung sabun kan? Nah, kalau Bapak dan Ibu Guru mau mengajak siswanya di sekolah untuk bermain gelembung sabun, tentu juga tak ada salahnya. Apalagi kalau bapak dan ibu guru mengajar di taman kanak-kanan atau di kelompok bermain. Tak hanya anak kecil yang masih duduk di bangku TK, anak SD, bahkan orang dewasapun mungkin suka bermain-main dengan gelembung sabun. Tetapi tahukah bapak dan ibu guru bahwa untuk membuat cairan bahan gelembung sabun itu aslinya harus menggunakan gliserin untuk membuat gelembung yang banyak, besar-besar, dan tahan lama di udara (tidak mudah pecah). Tetapi bagaimana kalau sekolah atau taman kanak-kanak bapak dan ibu guru ada di pedesaan sehingga mungkin tidak punya stok gliserin sebagai bahan tambahan untuk membuat gelembung sabun menjadi banyak, kuat, dan bisa dibikin besar-besar? Gampang kok, saya punya resep rahasianya yang saya temukan secara tak sengaja sewaktu masih duduk di bangku SD.

ada resep rahasia saya untuk membuat cairan mainan untuk gelembung sabun yang besar, banyak, kuat tidak mudah pecah, tanpa bahan kimia sama sekali
resep gelembung sabun besar, kuat, banyak, dan tidak mudah pecah tanpa bahan kimia

bagaimana cara membuat cairan untuk gelembung sabun yang besar, kuat, banyak, tahan lama, awet tanpa bahan kimia sama sekali
gelembung sabunnya besar dan kuat terkena cuaca panas

Rahasianya adalah kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis). Tahukan bunga kembang sepatu. Itu loh, tanaman hias berbungan merah (bisa merah tua, merah jambu atau pink, bahkan sebenarnya ada juga yang bunganya berwarna jingga dan putih). Nah. Itulah bahan tambahan rahasianya. Tapi bagaimanakah cara membuat larutan sabunnya dan bagaimana cara menambahkan bunga kembang sepatunya?

cara membuat resep gelembung sabun dengan menambahkan beberapa kuntum bunga sepatu yang telah layu
asyik bermain gelembung sabun dengan resep tanpa bahan kimia

Baik, sekarang ikutilah langkah-langkah ini.
  • Ambil wadah yang cukup besar, masukkan 1/2 liter air bersih.
  • Tambahkan sekitar 100 ml deterjen pencuci piring, alternatif lainnya adalah sabun colek.
  • Aduk sampai rata, jangan sampai berbusa, pelan-pelan saja.
  • Ambil 7 - 10 kuntum bunga kembang sepatu, yang sudah layu malah lebih bagus. Jadi bapak dan ibu guru dapat mengambil yang berserak di bawah pohon.


  • kembang sepatu, menghasilkan lendir yang mirip gliserin, bahkan berfungsi lebih baik untuk membentuk gelembung sabun yang kuat, besar, banyak, dan tahan lama di udara kering dan panas
    kembang sepatu, menghasilkan lendir yang mirip gliserin, bahkan berfungsi lebih baik untuk membentuk gelembung sabun yang kuat, besar, banyak, dan tahan lama di udara kering dan panas

  • Gunakan cobek yang sudah tidak terpakai, lalu giling bunga kembang sepatu itu (buang bagian yang berwarna hijau), hingga halus. Tambahkan sedikit air sehingga bentuknya seperti pasta.
  • Masukkan halusan bunga kembang sepatu ini ke dalam cairan sabun tadi.
  • Aduk hingga rata.
  • Diamkan beberapa saat sampai cairan sabun yang telah ditambah gilingan bunga kembang sepatu tadi menjadi agak berlendir.
  • Nah, sekarang cairan sabunnya sudah siap dimainkan.
  • Catatan: merk sabun atau deterjen pencuci piring atau sabun colek mungkin mempengaruhi kekuatan gelembung sabun dan jumlah yang dapat dihasilkannya, karena itu bereksperimenlah dengan takaran yang lebih sesuai.
  • Baik, kemudian untuk membuat tangkai pembentuk gelembungnya, ambil lidi kelapa, saya sarankan menggunakan yang masih segar agar mudah ditekuk tanpa patah.


  • mengasyikkan bermain dengan gelembung sabun yang besar dan kuat dengan resep cairan yang tanpa sedikitpun menggunakan bahan kimia kecuali sabun cair untuk mencuci piring
    gelembungnya bisa banyak keluar dari tangkai lidi kelapa

    mudah kok membuat tangkai untuk gelembung sabun sederhana kita, anak-anak di kampung bisa menggunakan lidi yang masih segar untuk dilengkungkan dengan berbagai macam bentuk, misalnya seperti angka 9
    kalau mau memakai tangkai plastik model begini juga boleh

  • Lengkungkan sehingga membentuk angka 9 dengan melingkarkannya.
  • Untuk memperkuat bentuk 9 itu, agar tidak mudah terbuka, boleh diikat dengan benang jahit. Diameter lengkungan pada bentuk 9 itu disesuaikan dengan selera. Makin besar diameter lengkungan, makin besar gelembung sabun yang akan dihasilkannya.
  • Jika bapak dan ibu guru punya kawat halus, buat juga sebuah lengkungan dengan diameter sekitar 1,5 cm untuk membuat gelembung sabun dengan cara ditiup. Ini akan menghasilkan banyak sekali gelembung sabun beruran kecil-kecil.
Penasaran mau mencobanya? Silakan.
Bulu Burung Imitasi
Kerajinan Cangkang Kerang
Lukisan Di Atas Batu
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...