Membuat Prakarya dari Cangkang Kerang yang Mudah

Kerajinan Tangan atau Prakarya dari Cangkang Kerang yang Mudah

Cangkang kerang mungkin dapat dengan mudah ditemukan di daerah Bapak dan Ibu guru yang berdomisili di pesisir pantai. Nah, bagaimana kalau diajarkan kepada anak-anak di sekolah atau kelas Bapak dan Ibu guru untuk membuat barang kerajinan tangan sederhana atau prakarya yang mudah berbahan dasar cangkang kerang ini?

memanfaatkan kulit kerang yang mudah didapatkan di pesisir pantai untuk bahan prakarya anak SD atau siswa SMP dapat mengembangkan kreativitas mereka, bahkan bukan tidak mungkin dapat menjadi komoditas bernilai estetika tinggi dan bernilai jual (ekonomi)
lihatlah cangkang/kulit kerang yang berserakan di pantai ini. Mengapa tidak dijadikan bahan kerajinan tangan saja?

Pada mata pelajaran prakarya, anak-anak memang diajak kreatif untuk menghasil suatu barang yang berguna atau bernilai estetika tinggi atau bahkan menjadi bernilai ekonomis sehingga dapat dijadikan sebagai souvenir atau peralatan yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Pada contoh-contoh berikut ini akan kita lihat bagaimana kulit kerang atau cangkang yang sering berserakan di pantai itu untuk dibuat prakarya yang sederhana dan mudah untuk diajarkan pada anak-anak SD atau SMP.

Cara Membersihkan Cangkang atau Kulit Kerang untuk Bahan Kerajinan dan Prakarya

Kalau mengumpulkan sendiri kulit dan cangkang kerang dari pantai, kita bisa dapat banyak. Hanya saja tentunya cangkang yang dikumpulkan itu masih kotor, berlumpur dan warna tidak menarik. Maka dari itu perlu terlebih dahulu dibersihkan sebelum dirangkai menjadi barang kerajinan tangan. Berikut ini merupakan cara membersihkan cangkang kerang dengan mudah.

  1. Kumpulkan cangkang kerang dan pilihlah yang masih kuat dan tidak pecah atau rusak.
  2. Masukkan ke dalam sebuah baskom.
  3. Tambahkan air sehingga seluruh bagian kumpulan cangkang kerang terendam dalam air. 
  4. Tuangkan beberapa tutup botol pemutih pakaian. Coba saja mengikuti takaran yang tertera pada label pemutih. Terlalu banyak menambahkan pemutih dalam air rendaman akan menyebabkan cangkang nantinya mudah patah atau pecah, sedangkan jika terlalu sedikit, cangkang menjadi kurang bersih. (Peringatan: jangan mencampurkan pemutih pakaian dengan deterjen secara langsung karena akan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan gas beracun! Silakan baca peringatan yang tertera pada label pemutih pakaian yang Bapak dan Ibu guru gunakan). 
  5. Biarkan cangkang kerang dalam air rendaman tersebut selama sehari semalam. Perendaman akan membuat kotoran-kotoran yang menempel, juga lumut yang menempel  pada kulit kerang akan mati dan terkelupas.
  6. Buang air rendaman, lalu bilas dengan air bersih sambil di goyang-goyangkan (diaduk-aduk) agar semua residu larutan pemutih dan kotoran bersih. Walaupun demikian, biasanya masih ada sisa-sisa kotoran yang menempel terutama pada bagian cangkang yang bergerigi dan lekukan-lekukan.
  7. Tambahkan deterjen pencuci piring atau deterjen lainnya dan beri sedikit air sehingga semua cangkang kerang terbasahi dengan deterjen.
  8. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel pada celah-celah dan gerigi cangkang kerang hingga bersih.
  9. Bilas semua cangkang yang telah disikat dengan air bersih.
  10. Jemur cangkang di bawah terik matahari. Selanjutnya, bila telah benar-benar kering, cangkang kerang yang telah bersih itu dapat digunakan untuk membuat prakarya sederhana.

Cara Membuat Prakarya atau Kerajinan Mudah dan Sederhana dari Kulit Kerang

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk membuat kerajinan sederhana dari kulit atau cangkang kerang.
  1. Buat rancangan bentuk kerajinan tangan (prakarya) yang akan anda buat dengan cangkang kerang yang telah dibersihkan sebelumnya.
  2. Siapkan alat dan bahan lainnya seperti lem tembak, kawat kecil (mungkin diperlukan untuk menyambung beberapa bagian cangkang kerang untuk membentuk suatu bangun / konstruksi tertentu), tang, cat, vernis, amplas, isau, bor kecil dan kuas.
  3. Beberapa contoh rancangan yang unik misalnya bentuk burung, kepiting, atau barang-barang lainnya seperti kotak perhiasan, kotak tisu dan sebagainya. Lihat contoh-contoh berikut:


  4. cara membuat prakarya atau kerajinan sederhana dari kulit kerang ini ternyata menghasilkan bentuk yang unik
    bentuk burung hantu ini bagus juga kan?


    barang-barang yang berserakan di bibir pantang (cangkang kerang) dapat dibentuk menjadi konstruksi unik seperti bentuk kepiting ini. hanya dibutuhkan sedikit kreativitas dan lem tembak. unik sekali bukan?
    kepiting ini lucu banget ya...


    kulit kerang yang berukuran besar dapat dibuat kerajinan tangan berbentuk tempat lilin aroma terapi. sangat fungsional dan bernilai ekonomis
    tempat lilin aroma terapi

  5. Pilih cangkang kerang dengan bentuk dan ukuran yang sesuai dengan rancang bangun yang telah direncanakan.
  6. Rangkai cangkang-cangkang kerang satu persatu dengan lem tembak. Gunakan kawat untuk memperkuat dan menyatukan konstruksi yang besar dan berat.
  7. Jika diperlukan, beri vernis sehingga hasil barang kerajinan tangan yang dibuat tampak mengkilap dan indah. Boleh juga menggunakan cat untuk mendapatkan warna-warna yang indah.
  8. Jemur dan keringkan vernis atau cat. 
Nah, jadilah sudah prakarya atau kerajinan tangan sederhana dari cangkang kerang yang mudah untuk anak-anak SD.

kerajinan tangan atau prakarya sederhana dari kemasan bedak tabur bayi ini mudah sekali cara membuatnya, dan hasilnya sungguh unik. sangat cocok digunakan untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil seperti perhiasan atau asesoris
penghias bekas kemasan bedak tabur, cocok untuk tempat perhiasan atau asesoris


kotak perhiasan dengan ornamen dari kulit kerang ini di beri cat dan tambahan ragam hias dari pasir
diberi cat biar lebih berwarna dan sedikit pasir


Oh ya, cangkang kerang juga bagus jika disusun dan ditempelkan pada tatakan berpeniti untuk membuat bros atau pin yang indah. Dapat juga untuk menghias bando, figura, kotak sepatu, kotak bedak atau barang lainnya yang sudah tidak terpakai. Hitung-hitung turut membantu program reuse dan reduce serta recycle untuk kelestarian lingkunga. Bentuk-bentuk bunga, hewan-hewan kecil seperti kupu-kupu atau burung juga bisa dibentuk dengan kulit kerang. Gunakan lem tembak untuk menyatukan rangkaian kulit kerang pada tatakan bros, bando, atau kotak.

Demikian, semoga cara membuat prakarya dari cangkang kerang yang mudah untuk siswa SD atau SMP ini dapat bermanfaat untuk Bapak dan Ibu guru.

Baca Juga:
Melukis di Atas Batu
Burung Lucu dari Kertas Warna-Warni
Bunga dari Kantong Plastik Bekas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...