Ikuti Lomba Menulis Artikel dan Karya Jurnalistik Pendidikan dan Kebudayaan 2016

Mau ikut lomba? Ini cocok sekali untuk guru yang suka atau mau belajar menulis. Tak hanya untuk guru, Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016 ini terbuka untuk orang tua, siswa dan juga wartawan. Mau tau info selengkapnya? Yuk silakan lanjutkan membaca.


Tema besar yang diusung untuk diperlombakan pada Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik Pendidikan dan Kebudayaan 2016 ini, yaitu:"Keterlibatan Publik dalam Aktivitas Pendidikan dan Kebudayaan". Tema besar ini kemudian dibagi menjadi 6 subtema, yaitu:
  1. Mewujudkan Pelaku Pendidikan dan Kebudayaan yang Kuat.
  2. Mewujudkan Akses yang Meluas, Merata, dan Berkeadilan.
  3. Mewujudkan Pembelajaran yang Bermutu.
  4. Mewujudkan Pelestarian Kebudayaan dan Pengembangan Bahasa.
  5. Mewujudkan Penguatan Tata Kelola serta Peningkatan Efektivitas.
  6. Birokrasi dan Pelibatan Publik.
Khusus untuk lomba artikel, terbuka bagi guru, siswa dan orang tua. Sementara untuk lomba karya jurnalistik (feature), terbuka untuk wartawan, dengan syarat tambahan: peserta bukan pegawai Kemendikbud.

Para pemenang I, II, dan III akan diberikan penghargaan oleh Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), dan berhak atas hadian uang masing-masing 1 orang Pemenang I senilai Rp. 15 juta rupiah dipotong pajak, 2 orang Pememang II senilai Rp. 12 juta rupiah dipotong pajak, dan 3 orang Pememang III senilai Rp. 10 juta rupiah dipotong pajak.

Adapun pengumuman hasil perlombaan ini akan disiarkan melalui website resmi Kemendikbud dengan alamat www.kemdikbud.go.id dan melalui twitter resmi Kemendikbud di twitter@kemdikbud_RI, serta halaman facebook resmi Kemendikbud di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pengumuman pemenang dijadwalkan pada bulan Mei 2016.

Memang, Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016 ini dilaksanakan oleh Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap bulan Mei.

Yang mungkin cukup memberikan peluang kepada peserta adalah, peserta dapat mengirimkan maksimal 5 naskah untuk dilombakan. Walapun demikian syarat penting yang harus dipenuhi adalah, karya tulis berbentuk artikel ataupun karya jurnalistik (feature) harus telah diterbitkan oleh media massa cetak baik pada tingkat daerah, nasional, ataupun internal (institusi) yang terbit di dalam negeri terhitung sejak tanggal 01-01-2016 hingga 16-04-2016. Naskah harus dikirim dalam bentuk kliping (hardcopy) dengan menyertakan tanda bukti muat dan softcopy format microsoft word dalam media CD.

Pengiriman naskah paling lambat 18 April 2016 (stempel pos), dan diterima oleh panitia lomba paling lambat pada tanggal 20 April 2016. Selain itu, peserta harus melampirkan identitas peserta lomba berupa, nama, alamat rumah, alamat email, no telpon atau HP, fotokopi Kartu Tanda Penduduk atau fotokopi SIM (Surat Izin Mengemudi). Bagi wartawan yang ingin mengikuti Lomba Karya Jurnalistik juga harus menyertakan Kartu Pers.

Alamat untuk mengirimkan naskah lomba dan kelengkapan lainnya adalah: Panitia Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016 di Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat, Gedung C, Lt. 4, Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Kode Pos 10270.

Selain itu, naskah artikel atau naskah karya jurnalistik (feature) yang ingin diikutkan dalam Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016 ini harus memeuhi kriteria standar seperti: merupakan karya asli yang tidak merupakan duplikat atau karya replikatif; belum pernah atau tidak sedang diikutkan dalam lomba apapun; menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Apabila diketahui ada pemenang lomba yang tidak memenuhi kriteria-kriteria yang disebutkan di atas, maka tim juri Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik Pendidikan dan Kebudayaan 2016 berhak membatalkannya.

Lomba OGN (Olimpiade Guru Nasional) Tahun 2016
Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016

No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...