Informasi Terbaru Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016

Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016

Kalau beberapa waktu yang lalu, nama lomba paling bergengsi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud ini adalah Lomba Guru Berprestasi atau Gupres, kini disebut sebagai Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016. Perubahan nama ini sangat wajar karena adanya perluasan bidang lomba, sebagaimana yang dilakukan juga perubahan nama pada OSN Guru (Olimpiade Sains Nasional untuk Guru) yang menjadi OGN Tahun 2016 (Olimpiade Guru Nasional). Nah, memang sebagaimana biasa penjadwalan pemilihan dan seleksi untuk ajang besar yang akan dihelat Kemdikbud pada akhir tahun ini, seleksi selalu diadakan di sekitar bulan-bulan April. Tetapi bagaimanakah jadwal lengkap dari ajang lomba Pemilihan GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016 ini, serta bidang apa saja yang dilombakan, marilah kita simak penjelasannya berikut ini.

Download Surat Edaran Direktur Jenderal GTK tentang Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2016

Penjelasan ini didasarkan pada Surat Direktur Jenderal GTK Kemdikbud, Bapak Sumarna Surapranata perihal Informasi Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016 dengan nomor surat 9678/B.B5/GT/2016 tertanggal 30 Maret 2016 untuk semua Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia. Surat ini dapat didownload melalui link yang kami sediakan di akhir tulisan ini.

Di dalam surat tersebut di atas Bapak Sumarna Surapranata menjelaskan bahwa akan diberikan pemberian penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan yang berprestasi dan berdedikasi, oleh karena maka Kemdikbud RI sebagaimana tahun-tahun sebelumnya akan mengadakan  Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional tahun 2016.

Pada surat tersebut juga ditegaskan bahwa agar setiap kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016 sesuai jadwal yang telah ditentukan.Memang, penjadwalan selalu diberikan oleh kemdikbud RI karena ajang pemilihan dan seleksi gutu dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi ini akan dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan hingga ke tingkat nasional sesuai jadwal.

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016

Secara lengkap, jadwalnya adalah sebagai berikut:

Jadwal kegiatan pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016. Tingkat Kecamatan – Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi pada bulan April 2016. Tingkat Kabupaten/Kota – Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi pada bulan Mei 2016. Tingkat Provinsi – Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi pada bulan Juni 2016. Tingkat Nasional – Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi pada bulan 12 – 19 Agustus 2016 (tentative).
Jadwal kegiatan pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016

Dapat dilihat dari tabel tersebut bahwa untuk pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi di tingkat kecamatan akan dilaksanakan pada bulan April ini, ini terutama dilakukan untuk GTK dari tingkat SD (Sekolah Dasar) atau sederajat dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau sederajat, kadang-kadang untuk tingkat SMP atau sederjat di beberapa daerah juga dimulai dari tingkat kecamatan. Kemudian pada bulan berikutnya, yaituMei 2016 barulah dilaksanakan untuk tingkat Kabupaten/Kota dan selanjutnya pemilihan di tingkat provinsi dilaksanakan pada bulan Juni 2016. GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) yang terpilih pada seleksi tingkat provinsi akan berhak melanjutkan seleksi ke tingkat nasional yang direncanakan dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 (tanggal 12 - 19 Agustus), yang nantinya akan berkesempatan mengikuti detik-detik proklamasi di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2016. Walaupun demikian, disebutkan bahwa jadwal pelaksanaan di tingkat nasional masih bersifat tentative (bisa berubah sewaktu-waktu) karena seperti tahun lalu (2015) pelaksanaan pemilihan GTK berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional diundur hingga ke Hari Guru di bulan November 2015 digabung dengan kegiatan Simposium Guru tingkat Nasional di Istora Senayan.

Lalu, pada bidang apa sajakah lomba yang diadakan dalam ajang Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2016 ini?
Pada tahun 2016, bidang-bidang yang akan dilombakan meliputi 4 bidang untuk tingkat PAUD (sederajat); 9 bidang untuk tingkat SD (sederajat); 6 bidang untuk tingkat SMP (sederajat); 10 bidang untuk tingkat SMA (sederajat), dan 5 bidang untuk tingkat SMK (sederajat). Secara lengkap perhatikan tabel berikut.

Kategori Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi untuk Jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Tahun 2016


Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional tahun 2016 untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) meliputi 4 bidang lomba yaitu: (1) Guru TK dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (2) Kepala TK dengan peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (3) Guru TK Daerah Khusus (Berdedikasi) dengan jumlah peserta 34 orang sebagai perwakailan setiap provinsi; dan (4) Kepala TK Daerah Khusus (Berdedikasi) dengan jumlah peserta 34 orang sebagai perwakailan setiap provinsi.
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional tahun 2016 untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Kategori Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi untuk Jenjang SD (Sekolah Dasar) Tahun 2016

Ada 9 kategori yang dilombakan pada jenjang SD (Sekolah Dasar), untuk pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2016 mendatang. Akan tetapi, pada beberapa kategori digabung menjadi satu.
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional tahun 2016 untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) meliputi 9 bidang lomba yaitu: (1) Guru SD dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (2) Kepala SD dengan peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (3) Pengawas SD dengan peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (4) Guru SD/SMP Penyelenggara pendidikan inklusi dengan peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (5) Guru SDLB/SMPLB dengan peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (6) Kepala SLB/SDLB/SMPLB/SMALB/SKh dengan peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (7) Pengawas PLB dengan jumlah peserta 20 orang sebagai peringkat 1 provinsi; (8) Kepala SD Daerah Khusus (Berdedikasi) dengan jumlah peserta 34 orang sebagai perwakailan setiap provinsi; (9)Guru SD Daerah Khusus (Berdedikasi) dengan jumlah peserta 34 orang sebagai perwakailan setiap provinsi.
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) Tahun 2016

Dapat diperhatikan pada tabel di atas, untuk Bidang Lomba pada kategori Guru SDLB dan Guru SMPLB dijadikan 1 kesatuan sehingga dari setiap provinsi nantinya hanya salah satu yang mewakili yaitu guru SDLB atau guru SMPLB. Demikian juga untuk Kepala SLB, SDLB, SMPLB, SMALB dan SKh dijadikan 1 kategori saja.

Kategori Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi untuk Jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) Tahun 2016

Ada 6 kategori yang dilombakan pada jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama), untuk pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2016 mendatang. Akan tetapi adapula kategori untuk jenjang SMP yang dimasukkan ke jenjang SD seperti disebut pada tabel sebelumnya.
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional tahun 2016 untuk SMP omba yaitu: (1) Guru SMP dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (2) Kepala SMP dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (3) Pengawas SMP dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi;  (4) Guru SMP Daerah Khusus dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (5) Kepala Administrasi Sekolah SMP dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (6) tenaga Perpustakaan SMP dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi;
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat satuan pendidikan SMP Tahun 2016

Kategori Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi untuk Jenjang SMA (Sekolah Menengah Atas) Tahun 2016

Ada 10 kategori yang dilombakan pada jenjang SMA (Sekolah Menengah Atas), untuk pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2016 mendatang. Akan tetapi, pada beberapa kategori digabung menjadi satu dengan SMK, perhatikan tabel berikut.
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional tahun 2016 untuk SMK meliputi bidang lomba yaitu: (1) Guru SMA dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (2) Kepala SMA dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (3) Pengawas SMA dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi;  (4) Guru SMALB dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (5) Guru SMA/SMK Daerah Khusus dengan jumlah peserta 34 orang sebagai perwakilan dari setiap provinsi; (6) Guru SMA/SMK penyelenggara pendidikan Inklusi dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (7) Kepala SMA/SMK Daerah Khusus dengan jumlah peserta 34 orang sebagai perwakilan dari setiap provinsi; (8) Laboran SMA dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (9) Tenaga Perpustakaan SMA dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (10) Kepala Administrasi Sekolah SMA dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi.
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat satuan pendidikan SMA Tahun 2016

Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa untuk kategori guru SMA berdedikasi digabung menjadi satu dengan guru SMK berdedikasi. Demikian juga untuk guru pada satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusi, dan kepala sekolah di daerah khusus.

Kategori Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi untuk Jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Tahun 2016

Ada 5 bidang kategori lomba pada pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi untuk jenjang SMK pada tahun 2016 ini, tetapi kalau diperhatikan sebenarnya lebih karena ada kategori lomba untuk guru SMK berdedikasi dikmen, guru SMK penyelenggara pendidikan inklusi dan kepala SMK daerah khusus yang digabung dengan jenjang SMA sebagai 1 kategori lomba.
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat nasional tahun 2016 untuk SMK meliputi bidang lomba yaitu: (1) Guru SMK dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (2) Kepala SMK dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (3) Pengawas SMK dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi;  (4) Laboran SMK dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi; (5) Tenaga Administrasi SMK dengan jumlah peserta 34 orang sebagai juara /peringkat 1 dari setiap provinsi;
Bidang lomba pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi tingkat satuan pendidikan SMK Tahun 2016

Link Download Surat Direktur Jenderal GTK Kemdikbud, Bapak Sumarna Surapranata perihal Informasi Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2016 dengan nomor surat 9678/B.B5/GT/2016 tanggal 30 Maret 2016 untuk semua Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...