Membuat Hiasan Dinding Unik untuk Dekorasi Kelas

Hiasan Dinding Unik Berbentuk Bunga Kincir dari Kertas HVS Berwarna untuk Bahan Ornamen Dekorasi Kelas atau Ruangan Sekolah

Bapak dan Ibu Guru mungkin diamanahi tugas sebagai wali kelas. Nah, biasanya, wali kelas akan membantu siswa-siswa di kelas bimbingannya untuk menghias atau mendekorasi kelas agar tampak lebih hidup dengan karya dan kreasi anak-anak. Mungkin bentuk hiasan dinding kali ini dapat menjadi salah satu model untuk diajarkan kepada siswa-siswa Bapak dan Ibu Guru saat mereka sedang menghias kelas atau ruangan yang mereka tempati. Cara membuat hiasan dinding ini sangat mudah kok. Dan tentu saja, dengan membuat model hiasan dinding kelas ini mereka juga dapat belajar menggunakan jangka (salah satu alat untuk belajar matematika untuk menggambar lingkaran), berlatih menggunakan imajinasi dan kesabaran dalam menyusun helaian-helaian kertas dalam posisi yang seimbang satu sama lain. Nah mau tahu caranya? Yuk kita simak langkah-langkah pembuatannya.
hiasan dekoratif bunga kincir dari kertas yang unik untuk penghias kelas ini sangat mudah dibuat. ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
hiasan dinding dari kertas ini bagus untuk dijadikan bahan ornamen dekorasi kelas atau ruangan di sekolah

Alat dan Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Hiasan Dinding Unik Berbentuk Bunga Kincir

Berikut ini adalah alat-alat dan bahan yang akan digunakan anak-anak atau siswa dalam membuat hiasan dinding bahan dekorasi kelas berbentuk bunga kincir:
  • kertas HVS (berwarna lebih baik), atau gunakan kertas bekas yang diwarnai dengan cat air atau pewarna makanan lalu dikeringkan terlebih dahulu. Kita akan butuh beberapa puluh lembar untuk membuat beberapa buah hiasan dinding ini. (Sebuah hiasan dinding membutuhkan 3 lembar HVS atau 16 helai lingkaran dengan diameter sekitar 6 cm).
  • lem kertas untuk merekatkan helaian-helaian kertas satu sama lain.
  • lidi untuk membantu mengaplikasikan lem kertas.
  • gunting untuk memotong kertas membentuk lingkaran
  • jangka untuk menggambar lingkaran dengan ukuran diameter yang diinginkan
  • binder (penjepit jilid) dari besi beberapa buah untuk menjaga lipatan saat pengguntingan lingkaran agar tidak terbuka dan bergeser.
  • double tape untuk menempelkan hiasan dinding ke tembok kelas atau ruangan yang ingin dihias.


Langkah-Langkah atau Cara Membuat Hiasan Dinding Unik Berbentuk Bunga Kincir dari Kertas HVS

Berikut, perhatikan bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat hiasan dinding yang unik dan berbentuk bunga kincir dari bahan kertas HVS atau kertas bekas. Caranya mudah saja, cuma butuh sedikit kesabaran saat mengatur posisi kertas. Yuk disimak.
  • Ambil 3 lembar kertas HVS, misalnya dalam tutorial ini kami menggunakan kertas HVS warna pink. Pada prinsipnya kertas apa saja boleh, mulai dari kertas bekas, hingga kertas koran bekas yang telah diberi pewarnaan dengan pewarna makanan atau cat.
  • Lipat menjadi 3 bagian sama besar. Caranya buatlah lipatan zig-zag untuk memudahkan kita membaginya menjadi 3 bagian sama besar. Perhatikan gambar berikut ini.

hiasan kelas yang sangat mudah namun ini dibuat dengan menggunakan kertas HVS berwarna, namun kamu dapat menggunakan kertas apa saja untuk membuatnya. caranya lipat menjad 3 bagian terlebih dahulu
lipat sekaligus beberapa helai kertas (tutorial ini menggunakan HVS warna pink), sebanyak 3 kali lipatan
  • Tekan dan rapikan lipatan kertas, lalu jepit dengan binder clip. Gunakan beberapa buah untuk menjaga agar nantinya lebih mudah dalam pengguntingan.
gunakan penjepit atau binder clip agar kertas tidak bergeser dari lipatannya sehingga lebih memudahkan dalam proses pengguntingan dalam pembuatan hiasan untuk kelas ini
jepit dengan binder besi agar lipatan tidak mudah bergeser saat pengguntingan
  • Ambil sebuah jangka, atur diameternya sekitar 6 cm panjang. lalu buat 2 buah gambar lingkaran pada lipatan kertas HVS. Perhatikan gambar berikut untuk lebih jelasnya.
dengan menggunakan jangka kita membuat dua buah gambar lingkaran berdiameter sekitar 6 cm untuk nantinya digunting sehingga terbentuk helaian-helaian lingkaran yang merupakan bentuk dasar hiasan dekoratif untuk penghias kelas ini
buat dua gambar lingkaran dengan menggunakan jangka, dengan diameter sama besar
  • Selanjutnya, gunting menurut gambar lingkaran yang telah dibuat dengan jangka. Di sinilah binder clip berguna untuk menjaga agar lipatan kertas tidak bergeser sehingga lingkaran-lingkaran yang dihasilkan agar mempunyai bentuk dan ukuran yang tetap.
dengan menggunting gambar lingkaran pada lipatan kertas maka kita akan memperoleh beberapa lembar lingkaran sekaligus
gunting lingkaran, dan akhirnya kita akan mendapatkan beberapa helai lingkaran sekaligus
  • Lipat menjadi 2 bagian sama besar semua helaian lingkaran hasil pengguntingan. Tampak seperti gambar di bawah untuk lebih jelasnya. Dari 3 helai kertas HVS kita akan memperoleh 18 buah lingkaran. Nantinya kita akan menggunakan 16 saja untuk membentuk sebuah hiasan dekoratif berbentuk bunga kincir ini.
  • Kalau semua sudah dilipat, sekarang saatnya mengerjakan bagian yang paling mengasyikkan dan mungkin akan menguji kesabaran dan kerapian siswa dalam bekerja.
lipat lingkaran berdasarkan diameternya sehingga kita akan memperoleh bentuk sebagaimana ditunjukkan oleh gambar ini
lipat semua lingkaran menjadi 2 bagian sama besar (dengan melalui titik pusat lingkaran)
  • Ambil 2 buah lingkaran yang telah dilipat. Susun sebagaimana gambar ini. Perhatikan sisi lipatan dan bukaan kertas. Jangan sampai menyusun secara berhadapan ya.
susun kertas berbentuk lingkaran sehingga saling bersisian seperti gambar ini
saatnya mulai menyusun lingkaran-lingkaran kertas membentuk ornamen hias, posisikan seperti ini
  • Ambil lagi 2 helai lingkaran, lalu susunlah seperti gambar berikut. Perhatikan selalu bahwa arah bagian yang dilipat dan bagian helaian yang terbuka selalu searah. Awas, hati-hati keliru menyusunnya.
tambahkan 2 buah lingkaran lagi
tambahkan lagi 2 helai lingkaran, perhatikan posisinya
  • Selanjutnya, kita akan menyisipkan lagi 4 helai lingkaran. Lingkaran-lingkaran ini disisipkan di atarara sususnan sebelumnya. 
  • Aplikasikan sedikit saja lem dan perhatikan agar lem tidak menghalangi kita untuk menyisipkan 8 helai lingkaran selanjutnya.
tambahkan 4 buah lingkaran lagi dan kini bentuk bunga kincir sudah mulai terlihat bukan?
tambahkan lagi 4 helai lingkaran pesis di antara helaian-helaian yang sudah disusun
  • Nah, ini bagian terumit paling akhir yang harus dikerjakan dengan hati-hati dan rapi. Perlu kesabaran karena kadang-kadang susunan kertas dapat bergeser.
  • Siapkan 8 helai lingkaran lain untuk disisipkan di antara 8 helaian yang telah tersusun sebelumnya.
  • Lakukan satu per satu hingga semua dari 8 helaian lingkaran berhasil disisipkan ke susunan itu. Jangan lupa untuk mengaplikasikan sedikit lem kertas dengan menggunakan lidi jika sebuah helaian berhasil disisipkan pada posisi yang tepat. 
  • Hasil akhirnya seperti gambar berikut.
ini bagian yang membutuhkan kesabaran, menambahkan kembali 8 buah lingkaran
tambahkan lagi 8 helaian lingkaran dia antara susunan sebelumnya. Aplikasikan lem secukupnya
Buatkan beberapa buah ornamen dekoratif seperti ini. Untuk menempelkannya ke dinding atau tembok kelas atau ruangan di sekolah. Gunakan saja double tape yang direkatkan ke bagian tengan bentuk bunga kincir yang unik ini.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya? Selamat menghias kelas masing-masing ya.

Hiasan Dekoratif dari Botol Kaca dan Toples Bekas
Burung Lucu Prakarya Anak TK
Cara Membuat Ukiran Sabun Sederhana untuk SMP
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...