Cara Mendaftar dan Mengikuti UNP 2016 (Ujian Nasional Perbaikan)

Ayo Mendaftar UNP (Ujian Nasional Perbaikan) di situs http://unp.kemdikbud.go.id/

Hallo para lulusan SMA/MA, SMK atau Paket C yang nilai UN (Ujian Nasional-nya) masih belum memuaskan... Mau memperbaikinya? Kenapa tidak, kini tersedia fasilitasnya kok.

Update:  Download Kisi-Kisi UN tahun pelajaran 2016/2017 Lengkap Semua jenjang: SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMALB, Paket B dan Paket C

Ujian Nasional Perbaikan (UNP) akan diselenggarakan pada tanggal 29 Agustus 2016 s.d. 7 September 2016. Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 1 Juni 2016 s.d. 16 Juli 2016 (wah tinggal beberapa hari lagi akan ditutup kan), ayo buruan daftar. UNP (Ujian Nasional Perbaikan) sifatnya Tidak Wajib, dan hanya diperuntukkan bagi siswa-siswa lulusan  SMA/MA, Paket C, atau SMK yang ingin memperbaiki nilai mata pelajaran tertentu yang masih di bawah nilai 55. Jadi tidak ada UNP untuk jenjang SMP/MTs atau Paket B.
UNP (Ujian Nasional Kemdikbud) tahun 2016 mulai dibuka pendafatarannya. bagaimana cara mengikutinya, mudah kok dan tidak dipungut biaya serta dapat dilakukan di tempat peserta berdomisili tanpa harus mengikuti UNP di sekolah asal atau kabupaten asal peserta
tampilan halaman depan situs UNP (Ujian Nasional Kemdikbud) tahun 2016


Persyaratan Peserta UNP (Ujian Nasional Perbaikan) tahun 2016

  • Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, maka peserta UNP tahun 2016 ini hanya diperuntukkan bagi peserta UN tahun 2014/2015 dan 2015/2016 jenjang SMA sederajat (MA dan Paket C) dan SMK yang telah LULUS tetapi belum mencapai nilai standar (lebih besar dari 55) pada satu atau lebih mata ujian.
  •  Peserta UNP harus mendaftar secara mandiri atau sendiri (tidak didaftarkan oleh orang lain atau sekolah).
  • Pendaftaran UNP (Ujian Nasional Perbaikan) telah dibuka mulai tanggal 1 Juni 2016 lalu dan akan ditutup 16 Juli 2016. Jadi sampai sekarang masih ada waktu ya buat kamu.
  • Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://unp.kemdikbud.go.id
  • Peserta UNP wajib menyiapkan SHUN (Surat Hasil Ujian Nasional) atau surat keterangan lainnya yang berisi identitas dan daftar nilai UN karena diperlukan pada saat akan mendaftar secara online menjadi peserta UNP tahun 2016.
  • Pendaftaran peserta UNP ini akan menggunakan nomor peserta UN dan data lain juga akan diperlukan untuk dilakukan proses verifikasi.
  • Peserta boleh memilih kota/kab tempat ujian yang diinginkannya, dan dapat mengikuti ujian di kota/kab sekolah asal atau di kota/kab lain sesuai tempat tinggal saat ujian. Jadi misalnya saat ini kamu telah kuliah di kota atau tempat yang berbeda, kamu dapat mengikuti UNP dari tempat domisili kamu sekarang saat menempuh kuliah, atau barangkali kota tempat kamu sudah bekerja.
  • Semua proses UNP ini bersifat gratis jadi TIDAK dipungut biaya. Hati-hatilah jika ada oknum yang mengatakan bahwa proses dan pelaksanaan UNP memerlukan biaya.

Bagaimana Caranya Mendaftar UNP (Ujian Nasional Perbaikan) tahun 2016?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendaftar Ujian Nasional Perbaikan tahun 2016 bagi siswa-siswi lulusan SMA/MA, SMK atau Paket C yang ingin memperbaiki nilainya.
Tetapi sebelumnya harap kamu perhatikan bahwa setiap pendaftar UNP tahun 2016 harus memiliki Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN)/Surat Keterangan Hasil Ujian dari sekolah tahun pelajaran 2014/2015 dan 2015/2016.
  • Pilih menu PENDAFTARAN yang ada di bagian atas halaman situs UNP (http://unp.kemdikbud.go.id/).
  • Pilih tahun berapa kamu lulus dari SMA/MA, SMK, atau Paket C (hanya disediakan untuk lulusan tahun 2014/2015 dan 2015/2016).
  • Selanjutnya kamu pilih jenis sekolahmu.
  • Kemudian pilihlah di provinsi tempat sekolah asalmu.
  • Pada bagian kotak di bawahnya, masukkan nomor peserta Ujian Nasional kamu sesuai dengan kartu peserta UN (Ujian Nasional) tahun pelajaran 2014/2015 dan tahun pelajaran 2015/2016 atau nomor peserta yang tertera pada SHUN (Surat Hasil Ujian Nasional). Contohnya : 01-001-001-8 (dalam kartu peserta UN); atau 3-15-99-11-222-333-4 (dalam SHUN) atau 3-16-99-11-222-333-4 (dalam SHUN).
  • Inputkan tanggal kelahiranmu dan harus sesuai kartu peserta Ujian Nasional. Formatnya adalah dd-mm-yyyy. Misalnya 31-12-1997
  • Ketikkan kode pengaman yang diberikan (perhatikan huruf besar dan huruf kecilnya).
  • Kemudian klik tombol Daftar.

Lalu Setelah Melakukan Pendaftaran UNP 2016 Secara Online, Apa Lagi yang Harus Dilakukan?

Sebaiknya kamu rajin memantau situs UNP (Ujian Nasional Perbaikan), untuk memperoleh informasi dari sumber resmi Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Selain itu perhatikan penjadwalan selanjutnya berikut ini:
  • 9 - 11 Agustus 2016     Kamu harus melakukan pendaftaran Ulang di Satuan Pendidikan penyelenggara UNP yang telah ditunjuk atau kamu pilih saat mendaftar secara online di situs UNP. Siapkan berkas atau dokumen berikut ini, dan bawalah saat melakukan pendaftaran ulang di tempat tersebut:
        - SHUN asli dan 1 lembar fotocopy
        - Ijazah asli
        - Pasfoto 3 x 4, sebanyak 3 lembar
        - Kartu Identitas (KTP/SIM/lainnya)
  • 22 - 24 Agustus 2016     Kamu mendapat kesempatan untuk mengikuti Latihan Ujian dengan menggunakan 1 mata pelajaran dan jadwal latihan ujian diatur oleh Sekolah Penyelenggara
  • 29 Agustus - 7 September 2016     Inilah saat Pelaksanaan Ujian Nasional Perbaika
  • 17 September 2016     Pada tanggal ini, Kemdikbud akan memberikan pengumuman Hasil UNP tahun 2016 yang telah kamu ikuti.
Untuk lebih jelasnya, pelajari terlebih dahulu menu-menu yang diberikan di situs UNP Kemdikbud saat akan melakukan pendaftaran. Patuhi semua ketentuan dan prosedur yang berlaku agar kamu benar-benar terdaftar dan dapat mengikuti UNP (Ujian Nasional Perbaikan) ini sesuai dengan harapanmu. Kalau diberikan kesempatan untuk memperbaiki nilai UN (Ujian Nasional-mu), mengapa tidak? Semoga sukses.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...