Download Panduan / Pedoman Lomba Inobel 2016 SD dan SMP

Inobel tahun 2016  akan Jadi Ajang Favorit Lomba untuk Guru

Ini adalah salah satu ajang lomba yang selalu dinantikan oleh para guru se-Indonesia setiap tahunnya: Inobel (Lomba Inovasi Pembelajaran). Kompetisi yang satu ini memang menyedot banyak partisipan baik guru dari jenjang SD maupun jenjang SMP. (Di akhir tulisan ini disediakan link untuk download file pedoman atau panduan yang berisi petunjuk lengkap tentang lomba Inovasi Pembelajaran atau Inobel tahun 2016 baik untuk jenjang SD ataupun SMP). Bagaimana tidak, sudah banyak guru-guru yang sukses lewat Inobel (Lomba Inovasi Pembelajaran) yang mendapatkan apresiasi luar biasa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dengan bejibun hadiah baik berupa uang dengan nominal yang sangat besar, juga hadiah lainnya seperti shortcourse (pelatihan singkat) ke luar negeri seperti China, Belanda, Australia, New Zealand, Finlandia, Korea, dan beberapa negara lainnya untuk menambah pengalaman dan memperluas wawasan guru-guru jenjang SD dan SMP (sederajat) tentang pendidikan di negara-negara lain.

panduan atau pedoman lomba inobel 2016 jenjang SD dan SMP dari direktorat pembinaan guru pendidikan dasar direktorat jenderal guru dan tenaga teknis kementerian pendidikan dan kebudayaan tahun 2016
panduan atau pedoman lomba inobel 2016 jenjang SD dan SMP

Lomba Inovasi Pembelajaran atau yang lazim disingkat sebagai Inobel ini telah lama dan rutin diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Teknis, Kementerian Pendidikan Nasional. Lomba Inobel memang tak sebergengsi Lomba Guru Berprestasi, tetapi hadiahnya itu lho... hampir mendekati atau bahkan setara dengan hadiah untuk Lomba Guru Berprestasi (Gupres) dan Berdedikasi yang sekarang lebih sering disebut sebagai Lomba PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi).

Tips Memenangi Lomba Inobel (Inovasi Pembelajaran)

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kami bagikan untuk bapak dan ibu guru yang ingin mencoba mengikuti Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) tahun 2016. Oh ya, tentu saja tips ini tidaklah menjamin bapak dan ibu guru untuk lolos seleksi. Akan tetapi paling tidak, tentu dapat dijadikan bahan pengingat selama proses penulisan karya ilmiah untuk mengikuti Inobel tahun 2016 mendatang.
  • Download dan print pedoman/panduan Lomba Inobel 2016

Penting sekali untuk punya print out pedoman atau panduan lomba inobel sesuai jenjang anda (SD atau SMP) tahun 2016. Dokumen panduan atau pedoman ini memang sebaiknya diprint agar Bapak dan Ibu guru lebih mudah membaca dan menandai hal-hal penting yang terdapat di dalamnya. Jangan sampai karena tidak terbaca dan dipahami dengan baik, bapak dan ibu guru calon peserta lomba Inobel 2016 melupakan salah satu atau beberapa faktor atau item penting yang diinginkan panitia (juri) lomba inobel 2016.
  • Pilih Karya Inovasi Pembelajaran Terbaik dan Orisinil

Persaingan untuk lomba inobel (Inovasi Pembelajaran) sangat ketat karena banyaknya naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang masuk. Karena itu, pilih atau tuliskan inovasi pembelajaran yang benar-benar telah bapak dan ibu guru lakukan (bukan inovasi yang masih dalam bentuk konsep di kepala (ide), apalagi karya hasil plagiarism. Panitia atau juri akan sangat mudah mengenali bahwa karya-karya yang dikirimkan benar-benar asli, inovatif, dan bermanfaat serta dapat diterapkan untuk rujukan bagi sekolah-sekolah lain nantinya.
  • Materi Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel)

Materi karya tulis yang memenuhi syarat adalah inovasi dalam bentuk pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan masalah pembelajaran. Tentu saja inovasi yang bapak dan ibu guru tuliskan untuk dilombakan itu merupakan suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran. Hal ini penting karena diharapkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa di kelas atau sekolah ibu dan bapak guru.
  • Judul Karya Inobel Sebaiknya Unik dan Menarik

Judul karya inovasi pembelajaran sebaiknya unik dan menarik perhatian pada saat juri atau tim penilai memegang karya inovasi bapak dan ibu guru. Bisa dibayangkan bahwa di hadapan tim penilai akan ada tumpukan besar dan tinggi karya-karya inobel dari guru-guru se-nusantara. Jika judul karya tulis biasa-biasa saja, ada kemungkinan tim penilai akan malas menelaah karya inovasi tersebut. Jadi penting sekali memancing rasa ingin tahu tim penilai tentang apa sebenarnya isi karya inovasi yang telah dilakukan. Walaupun demikian, tetaplah judul masih dalam kalimat atau kata-kata yang logis dan sesuai dengan isi karya. Nah, bahkan untuk memberikan judul karya saja, kita harus kreatif dan inovatif.
  • Tampilkan Di Mana Sifat Kebaruan (Inovatif) Karya

Karya tulis merupakan sebuah inovasi yang tentu sangat diharapkan sebagai sesuatu yang memiliki kebaruan. Jadi ide kreatif dari Bapak dan Ibu Guru mestinya tampak jelas dalam karya inovasi yang dilombakan. Sebaiknya bukan mengulang atau mencoba inovasi pembelajaran yang telah pernah dilakukan oleh orang lain.
  • Ide Kreatif Inovasi Pembelajaran Datang dari Mana?

Agar Bapak dan Ibu guru mempunyai ide inovatif, tentu sebelum membuatnya, ada baiknya membaca-baca karya inovasi guru-guru yang telah ada dan kemudian mengembangkannya kembali dengan penambahan atau dimodifikasi sehingga menjadi lebih efektif jika dilaksanakan dan sesuai dengan permasalah pembelajaran yang dihadapi.
  • Patuhi Sistematika Penulisan Naskah Karya Inovasi Pembelajaran

Sistematika penulisan naskah inobel 2016 harus dipenuhi dan dipatuhi. Jangan menuliskan point yang tidak diminta (menambah-nambah), apalagi mengurangi point-point yang sudah diberikan dalam buku pedoman atau panduan lomba. Setiap bagian bab atau sub bab mempunyai skor penilaian tersendiri. Jika bapak dan ibu guru mengurangi atau melupakannya dalam paper bapak dan ibu guru, tentu ada skor yang terlewatkan. Menambah-nambahi item atau point sub bab akan membuat juri menganggap bapak dan ibu guru tidak membaca dengan teliti panduan yang telah diberikan dan menyulitkan proses penilaian karya.
  • Tuliskan Karya Inovatif Sesegera Mungkin

Menuliskan karya inovatif untuk lomba inobel jangan ditunda-tunda jika memang telah bapak dan ibu lakukan dalam pembelajaran. Menuliskan sesegera mungkin membuat bapak dan ibu guru mempunyai waktu untuk membaca ulang, melengkapi bagian-bagian yang dibutuhkan untuk kesempurnaan karya tulis untuk lomba inobel ini. Bahkah sebaiknya, meminta beberapa orang reviewer dari teman sejawat atau orang-orang yang dianggap kompeten untuk mengkritisi karya tulis yang telah dibuat untuk memperoleh masukan dan saran-saran penyempurnaan dan perbaikan.
  • Kirimkan Pada Tanggal yang Tidak terlalu Mepet dengan Deadline

Kebiasaan buruk yang harus dihindari adalah mengirimkan naskah lomba pada detik-detik terakhir deadline penutupan masuknya karya inovasi pembelajaran ke tangan panitia. Hal ini akan menjamin naskah bapak dan ibu guru sampai ke panitia pada waktu yang juga benar-benar tepat. Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar menerima naskah dari peserta seluruh Indonesia melalui email dan pos, selanjutnya mengoleksi dan mengadministrasikan. Proses ini dimulai dari tanggal 9 Mei 2016 sampai dengan 15 Juli 2016.

Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat SD (Sekolah Dasar) Tahun 2016

Adapun sasaran peserta lomba inobel (Inovasi Pembelajaran) tingkat Sekolah Dasar tahun 2016 adalah guru kelas yang melakukan inovasi pembelajaran matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa Indonesia; guru mata pelajaran penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan), Seni Budaya (SB), Prakarya atau Keterampilan, Pendidikan Agama serta Muatan Lokal (Mulok).

Perlu diketahui bahwa tema Lomba Inovasi pembelajaran (Inobel) untuk Guru SD pada tahun 2016 ini adalah “Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”.

Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) Tahun 2016

Lomba inovasi pembelajaran untuk jenjang SMP diperuntukkan bagi guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), bahasa Indonesia, bahasa Inggris, PPKn, muatan lokal (Mulok), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes), seni budaya, prakarya, pendidikan agama, dan bimbingan konseling (BK).

Link Download Panduan/Pedoman/Petunjuk Lomba Inobel (Inovasi Pembelajaran) tahun 2016 Tingkat SD dan SMP (Sederajat)

Berikut ini, adalah link untuk bapak dan ibu agar bisa mendownload pedoman/panduan/petunjuk teknis bagaimana penyelenggaraan Lomba Inovasi Pembelajaran dilaksanakan, penjadwalan dan tahapan-tahapannya, format penulisan (struktur/outline karya tulis ilmiah yang diminta), dan sebagainya. Silakan klik link berikut sehingga dokumen panduan atau pedoman tampil melalui arsip google drive, lalu silakan diunduh untuk disimpan dan diprint. Semoga sukses.

Download Panduan Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Tahun 2016 tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama)

Download Panduan Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Tahun 2016 tingkat SD (Sekolah Dasar)

Baca Juga:
Mau Kuliah S1 Di Jepang? Ada Beasiswanya Lho
Pemilihan PTK Berprestasi dan Berdedikasi 2016
Olimpiade Sains Nasional Guru tahun 2016
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...