Lomba untuk Guru SMA / SMK : Inovasi Pendidikan Karakter 2016

Lomba Inovasi Pendidikan Karakter 2016

Wah, Bapak dan Ibu Guru yang mengajar di SMA atau SMK mau ikutan lomba tingkat nasional yang kans untuk menangnya lebih besar? Cobain deh ikut Lomba Inovasi Pendidikan Karakter tahun 2016. Sampai tulisan ini diupload, peserta yang terdaftar baru 1 orang, padahal Sub Direktorat Kenderal Kesharlindung (Kesejahteraan, Penghargaan dan Perlindungan) Guru Pendidikan Menengah (Dikmen) menargetkan akan ada 6 juara terpilih. Ayo, tertarik tidak?

Yuk Ikut  Lomba untuk Guru SMA / SMK : Inovasi Pendidikan Karakter 2016

Tidak punya laporan inovasi untuk ikutan? Tidak apa-apa, dan memang tidak demikian alurnya untuk mengikuti lomba ini. Yuk kita simak screen shoot berikut ini untuk memahami tahapan pemberian penghargaan pendidikan karakter tahun 2016 dari Kesharlindung Dikmen ini.

Nah, ayo kita cermati
Tahapan rinci kegiatan bimtek penguatan wawasan dan kemampuan guru dalam melakukan inovasi pendidikan karakter bangsa di pendidikan menengah adalah sebagai berikut. 1. Sosialisasi Lomba 11 2. Seleksi Proposal 3. Persiapan Bimtek a. Penyusunan pedoman b. Penyusunan materi pelatihan c. Pemilihan dan penyampaian undangan ke kepala dinas/ kepala sekolah/guru 4. Pelaksanaan Bimtek a. Konfirmasi peserta b. Pelaksanaan Bimtek Tahapan kegiatan pemberian penghargaan guru dengan inovasi dalam pengembangan pendidikan karakter bangsa dilaksanakan melalui serangkaian langkah berikut ini. 1. Penyusunan proposal oleh guru 2. Penyeleksian proposal oleh Tim Penilai 3. Pelaksanaan inovasi 4. Pelaksanaan pemantauan (monitoring) 5. Analisis hasil visitasi sebagai salah satu penilaian 6. Penyusunan instrument presentasi 7. Presentasi inovasi terbaik oleh guru 8. Pemberian Penghargaan Penyusunan laporan lengkap dan eksekutif hasil pelaksanaan peraih penghargaan dalam pengembangan karakter bangsa, sebagai pertanggung-jawaban pelaksanaan dilakukan setelah semua kegiatan selesai/berakhir.
Tahapan Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa tahun 2016
Lihatlah, bukan laporan inovasi yang pertama kali diseleksi untuk mengikuti lomba inovasi pendidikan karakter 2016 ini, tetapi proposal. Ya, Bapak dan Ibu Guru harus mengirimkan proposal terlebih dahulu. Jika proposal diterima, maka Bapak dan Ibu Guru akan mendapatkan Bimtek (Bimbingan Teknis) tentang penguatan pendidikan karakter bangsa. Tahapan seleksi kemudian akan dilanjutkan untuk memperoleh penghargaan ( 6 orang), yaitu: panitia akan memilih proposal/RTL (rencana tindak lanjut) dari hasil Bimtek yang diberikan, kemudian dilakukan pemantauan (visitasi), penilaian akhir, pemberian penghargaan dan penyusunan laporan. Agak beda kan? Tapi ini tentu bagus sekali untuk Bapak dan Ibu Guru yang sudah punya ide atau gagasan tentang bagaimana memberikan pendidikan karakter bagi siswa-siswanya di sekolah.

Tertarik mau ikut? Belum? Oh baik, kita cermati lagi alur di atas secara lebih rinci meliputi aspek proses dan hasilnya. Simak ya tabel berikut.

Pemilihan Guru calon Peserta pembekalan oleh Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Kemdikbud Terpilihnya Guru pendidikan menengah sebagai peserta workshop pembekalan penguatan pendidikan karakter bangsa di sekolah 2) Kegiatan Pembekalan (workshop Pengembangan Pendidikan Karakter bangsa) Terselenggaranya kegiatan pembekalan pendidikan karakter bangsa bagi Guru Dikmen 3) Penyusunan dan pelaksanaan inovasi pengembangan pendidikan karakter bangsa (di tempat masing-masing) Terlaksananya inovasi pengembangan pendidikan karakter oleh GURU yang dilengkapi dengan dokumen pendukung (portofolio) 4) Pengumpulan laporan inovasi guru pendidikan menengah ke Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Didapatkannya inovasi pendidikan karakter bangsa oleh Guru dengan diketahui oleh kepala sekolah 5) Penilaian inovasi pendidikan karakter bangsa oleh tim Karakter bangsa Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Didapatkannya 50 inovasi yang dikategorikan terbaik sebagai hasil penilaian terhadap dokumen yang telah dikirimkan 6) Visitasi kepada sekolah hasil penilaian tim Karakter Nilai/skor hasil pengolahan data dari instrument visitasi. 7) Penilaian akhir (presentasi Guru terbaik) Terpilihnya 6 (enam) guru dengan inovasi terbaik dari 50 peserta 8) Pemberian penghargaan Tersampaikannya penghargaan kepada enam guru dengan inovasi pendidikan karakter bangsa terbaik se Indonesia
rincian proses dan hasil kegiatan Lomba Inovasi pendidikan Karakter Bangsa 2016

Nah, pada tabel tersebut dapat kita lihat bahwa Bapak dan Ibu terlebih dulu akan mengikuti workshop atau bimbingan teknis. Wuih, mau dong, belum bikin apa-apa (kecuali proposal) sudah dapat pelatihan. Dan kemudian dari hasil bimtek ini akan dipilih 50 RTL atau proposal terbaik untuk dipantau dan dibimbing pelaksanaannya di sekolah melalui visitasi dan sebagainya, barulah nanti dilakukan penulisan laporan untuk memperoleh penghargaan.

Mungkin Bapak dan Ibu Guru belum punya ide nih. Padahal sudah mulai punya keinginan untuk ikutan. Sekedar informasi Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa adalah proses pemberian stimulasi, kompetisi dan penghargaan kepada Guru pendidikan menengah berdasarkan implementasi inovasi pengembangan pendidikan karakter bangsa di sekolahnya. Stimulasi diberikan melalui pelatihan atau bimbingan teknis. Kemudian diadakanlah sebuah kompetisi (bentuk lomba) dalam kaitan dengan inovasi yang dilakukan nantinya. Penghargaan akan berupa pemberian sertifikat/piagam dan insentif (hadiah) untuk mendorong pengembangan inovasi pendidikan karakter bangsa di sekolah masing-masing. Inovasi untuk pendidikan karakter bangsa di sekolah dapat berupa ide, benda dan atau metode yang unik, berbasis masalah, relevan, dan berlandaskan nilai-nilai budaya bangsa/kearifan lokal. Guru PNS maupun Non PNS boleh ikut.

Dowload Panduan Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa tahun 2016

Jangan lupa, sebelum mulai menulis proposal Bapak dan Ibu Guru download dulu buku pedoman atau buku panduan Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa tahun 2016 Dikmen untuk guru SMA/SMK yang terbuka bagi PNS dan Non PNS ini pada link berikut.
Donwload Panduan Lomba Inovasi Pendidikan karakter Bangsa tahun 2016 untuk Guru SMA/SMK

Oh ya, pendaftaran dilakukan secara online di link berikut: http://kesharlindungdikmen.com/penghargaan/karakter/registration

Semoga sukses!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...