Mengenal Halaman Awal Guru Pembelajar Moda Daring

Guru Pembelajar memang program Kemdikbud yang sedang ramai dibicarakan. Para guru juga sudah mulai mencari-cari informasi mengenai program ini karena memang semua guru akan terlibat didalamnya. Seperti yang sudah kami berikan pada artikel sebelumnya, (Guru Pembelajar - Program Pasca UKG 2015 Kemdikbud) bahwa guru pembelajaran ini merupakan kegiatan yang penting bagi pengembangan karier dan kompetensi guru. Makanya jangan sampai ketinggalan informasi ya. Berikut ini, sekedar untuk memuaskan rasa ingin tahu Bapak dan Ibu Guru mengenai program Guru Pembelajar, kami akan mencoba menampilkan tulisan untuk Mengenal Halaman Awal Guru Pembelajar Moda Daring setelah yang yang bersangkutan dapat login dengan sukses.

Perkenalan dengan Bagian-Bagian Halaman Awal Guru Pembelajar Moda Daring

Untuk mengenal bagian-bagian halaman awal situs Guru Pembelajar pada Moda Daring (dalam Jaringan) ini, Bapak dan Ibu Guru dapat memperhatikan gambar berikut ini:
contoh tampilan halaman awal setelah pengguna (user) berhasil login ke dalam situs guru pembelajar kemdikbud
contoh tampilan halaman awal setelah pengguna (user) berhasil login ke dalam situs guru pembelajar kemdikbud


Tampilan halaman di atas dapat dilihat apabila peserta/mentor/instruktur nasional berhasil login melalui tombol login yang disediakan di sudut kanan atas halaman utama di situs guru pembelajar http://pembelajar.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan username (nama pengguna) dan password (kata kunci) yang telah diberikan oleh admin.

Adapun bagian-bagian halaman awal dari situs guru pembelajar setelah pengguna melakukan login tadi diberikan dalam tanda angka sebagaimana dicantumkan pada gambar di atas dengan penjelasan sebagai berikut:
  1. Messages (pesan-pesan), adalah menu kecil yang terdapat di bagian pojok kiri atas yang gunanya adalah untuk saling berkirim email (surel) antar sesama pengguna situs guru pembelajar moda daring (dalam jaringan) ini.
  2. Depan, diberi simbol berupa ikon kecil berbentuk gambar rumah atau istilah lainnya home. Terdapat juga di sisi kiri atas halaman, di bawah menu messages. Jika tombol depan ini diklik maka halaman akan beralih ke tampilan halaman depan (homepage) situs guru pembelajar.
  3. Private Files (File-File Pribadi) adalah menu yang disimbolkan dengan ikon berbentuk amplop berwarna kuning pada sisi kiri halaman guru pembelajar moda daring, tetap di bawah menu atau ikon home (depan). Tombol ini merupakan menu yang berfungsi untuk pengelolaan penyimpanan file-file milik pengguna secara pribadi baik pengguna yang merupakan peserta, mentor/IN, hingga admin atau pengampu.
  4. Course overview (tinjauan kursus/diklat) adalah bagian dari halaman guru pembelajar moda daring yang menunjukkan ringkasan atau overview kegiatan program Guru Pembelajar Moda Daring yang sedang diikuti pengguna yang bersangkutan.
  5. Nama pengguna (username) letaknya di bagian atas sebelah kanan halaman paling pojok, hanya dapat dilihat pada saat pengguna dalam posisi login.
  6. Edit Halaman Ini merupakan menu yang terletak di sisi kanan halaman menu yang dapat digunakan untuk mengelola Laman Awal Pengguna.
Nah, jika guru atau pengguna lainnya yang terlibat dalam kegiatan diklat pasca UKG 2015 moda daring sudah dapat masuk ke halaman awal ini, berarti ia sudah dapat memulai kegiatan pembelajarannya untuk meningkatkan kompetensinya secara mandiri. Ia mulai dapat memulai dengan mengelola profilnya di halaman guru pembelajar, mengelola file-file pribadi dalam bentuk e-portofolio dan tentu saja memulai diklat moda daringnya.

Referensi: Buku Manual Peserta Guru Pembelajar Moda Daring (Fase Piloting) - Ditjen GTK Kemdikbud, 2016.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...