Alternatif Media Presentasi Power Point: Knovio

Alternatif Alat Pembuat Presentasi Power Point: Knovio


Tahu kan Bapak dan Ibu Guru dengan Microsoft Power Point? Pastilah. Bahkan tentu sudah sering menggunakannya untuk membuat slide-slide presentasi. Kalau sudah biasa, mungkin mau mencoba sesuatu yang lain. Ada memang? Ada...! Bahkan banyak macamnya dan semua dengan keunggulannya masing-masing. Perkenalkan Knovio, Online Video Presentations for Instant Multimedia.

Ada banyak alternatif media presentasi gratis untuk guru. Selain dengan power point yang sudah terkenal di kalangan guru, ada juga knovio. Boleh dicoba.
halaman depan situs knovio, pembuat presentasi multimedia di knovio (alternatif lain power point)

Apa sih Knovio? Baiklah mari kita mengenal alat pembuat presentasi yang satu ini. Pertama-tama saya beri tahu kalau mau menggunakan Knovio untuk membuat prsentasi, berwujud video presentasi, kita tidak perlu download aplikasinya, kecuali untuk yang versi mobile di google playstore. Tidak perlu download, cukup sign up (mendaftar) saja. Memang proses pembuatan presentasi multimedia menggunakan Knovio dilakukan secara online karena aplikasi ini memang berbasis web.

Presentasi yang dibuat dengan Knovio bahkan dengan mudah bisa dishare di sosial media untuk dilihat oleh orang lain. Memang ini agak berbeda dengan power point ya. Knovio ada versi gratis (free) yang dapat digunakan oleh guru atau untuk pendidikan. Tapi, selain itu Knovio juga memberikan layanan Knovio Pro untuk yang ingin membuat multimedia presentasi yang lebih lengkap (biasanya untuk promosi bisnis).

Proses pembuatan media presentasi adalah dengan teknik perekaman baik dengan webcam yang ada di laptop atau dengan menggunakan mikrofon secara online. Untuk memulai sign up (mendaftar) anda cukup memberikan alamat email dan password anda untuk akun di Knovio. Mudah bukan? Oh ya, karena sekarang jaman mobile, bahkan multimedia presentasi anda dapat dibuat dengan menggunakan perangkat mobile seperti ipad.

Bahan-bahan pembuatan presentasi dapat langsung dari file pdf, foto, atau gambar-gambar untuk menjadi sebuah video presentasi yang diperkaya (rich media presentation). Dengan menggunakan Knovio, file presentasi milik Bapak dan Ibu Guru yang telah dibuat di power point pun dapat dipermak menjadi lebih menarik. Dengan menggunakan Knovio, Bapak dan Ibu Guru juga dapat membuat kuis.

Tapi memang Knovio memiliki keterbatasan untuk akun gratis, di mana kita hanya diperbolehkan menyimpan 5 presentasi aktif di library Knovio dengan durasi masing-masing maksimal 7 menit. Jika anda ingin fitur tanpa batas, Bapak dan Ibu Guru memang harus berlangganan versi pro dari Knovio ini. Selamat mencoba.

Baca Juga:
Prinsip-Prinsip dan Teori E-Learning
Mengenal Moodle, Platform E-Learning Gratis untuk Guru
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...