Cara Membuat Roket Kertas untuk Anak SD

Cara Membuat Roket dari Kertas Bekas Warna-Warni untuk Anak SD (Sekolah Dasar)


Pernah terbayang membuat roket? Wah, suatu hari nanti jika kamu besar, tentu kamu bisa membuatnya. Atau, mungkin kamu ingin menjadi astronot? Itu lho, orang yang menerbangkan roket menuju luar angkasa? Pasti bisa nanti. Tapi tentunya harus rajin belajar. Oh ya, kali ini saya mau mengajak kalian membuat roket kertas. Bahan dan alat-alatnya mudah didapat, dan yang terpenting dapat mengembangkan daya imajinasimu. Susah? Tidaklah. Cara membuat roket kertas ini sangat mudah dan cocok untuk anak-anak yang masih duduk di sekolah dasar (SD). Yuk ikuti langkah-langkahnya.

Kalau sudah selesai membuatnya, jadinya bakal seperti gambar di bawah ini nih. Tapi tentunya itu setelah kita letakkan atau tempelkan di atas kertas putih yang sudah diberi hiasan gambar latar belakang seperti di ruang angkasa. Keren kan?

ayo belajar membuat prakarya roket dari kertas bekas. mudah sekali kok. cocok untuk anak SD sekolah dasar
roket dari kertas bekas

Alat dan Bahan

Untuk membuat roket kertas seperti gambar di atas, kamu harus menyiapkan alat-alat dan bahan-bahan berikut:
  • kertas bekas warna-warni (saya pakai kertas bekas sampul makalah). Kamu tentu juga bisa menggunakan kertas lainnya, seperti bekas kalender, atau kemasan makanan atau barang lain yang terbuat dari kertas berwarna.
  • lem kertas (saya menggunakan lem FOX putih) karena daya rekatnya cukup bagus. Kamu tentu boleh menggunakan lem merk lainnya ya.
  • gunting
  • mistar
  • jangka (untuk menggambar lingkaran). Jika tidak ada di dekatmu, kamu boleh menggunakan benda apa saja yang berbentuk lingkaran, misalnya tutup gelas, atau benda apapun yang berbentuk lingkaran.
  • pensil
Jika semua alat dan bahan tersebut sudah lengkap, kamu mulai bisa mengerjakannya. Perhatikan langkah-langkah dan penjelasan yang diberikan berikut ini.

Untuk membuat roket kertas seperti gambar di atas, kamu harus menyiapkan alat-alat dan bahan-bahan berikut:      kertas bekas warna-warni (saya pakai kertas bekas sampul makalah). Kamu tentu juga bisa menggunakan kertas lainnya, seperti bekas kalender, atau kemasan makanan atau barang lain yang terbuat dari kertas berwarna.     lem kertas (saya menggunakan lem FOX putih) karena daya rekatnya cukup bagus. Kamu tentu boleh menggunakan lem merk lainnya ya.     gunting     mistar     jangka (untuk menggambar lingkaran). Jika tidak ada di dekatmu, kamu boleh menggunakan benda apa saja yang berbentuk lingkaran, misalnya tutup gelas, atau benda apapun yang berbentuk lingkaran.     pensil  Jika semua alat dan bahan tersebut sudah lengkap, kamu mulai bisa mengerjakannya. Perhatikan langkah-langkah dan penjelasan yang diberikan berikut ini.
alat dan bahan yang digunakan untuk membuat roket kertas

Langkah-Langkah (Cara) Membuat Roket dari Kertas Bekas

Perhatikan gambar dan penjelasannya untuk membuat roket sederhana dari kertas bekas berwarna yang sangat cocok untuk anak-anak SD (sekolah dasar) ini:
  • Gunting kertas (saya menggunakan warna merah) untuk bagian utama roket. Ukur selembar kertas dengan ukuran 8 cm x 8 cm. Gulung sehingga diameternya lebih kurang 2,5 cm. Beri lem agar gulungan tidak membuka. Sisihkan.
  • Membuat bagian ujung roket yang berbentuk kerucut. Saya menggunakan kertas kuning, tentu boleh pakai kertas warna apa saja. Tergantung kesukaanmu dan kertas warna apa yang kamu miliki. Caranya, gambarlah sebuah lingkaran dengan menggunakan jangka. Ukurlah bukaan jangka pada mistar dengan lebar sekitar 5 cm.

Membuat bagian ujung roket yang berbentuk kerucut. Saya menggunakan kertas kuning, tentu boleh pakai kertas warna apa saja. Tergantung kesukaanmu dan kertas warna apa yang kamu miliki. Caranya, gambarlah sebuah lingkaran dengan menggunakan jangka. Ukurlah bukaan jangka pada mistar dengan lebar sekitar 5 cm.
Membuat bagian ujung roket yang berbentuk kerucut

  • Langkah selanjutnya untuk membuat ujung roket yang runcing seperti kerucut: guntinglah lingkaran yang tadi telah digambar dengan jangka. Kemudian, bagi menjadi dua bagian sama besar. Kamu boleh melipatnya melalui titik tengah lingkaran, atau dengan memberi tanda bantuan dengan membuat garis lurus dari tepi lingkaran melewati titik pusatnya.
    Langkah selanjutnya untuk membuat ujung roket yang runcing seperti kerucut: guntinglah lingkaran yang tadi telah digambar dengan jangka. Kemudian, bagi menjadi dua bagian sama besar. Kamu boleh melipatnya melalui titik tengah lingkaran, atau dengan memberi tanda bantuan dengan membuat garis lurus dari tepi lingkaran melewati titik pusatnya.
Langkah selanjutnya untuk membuat ujung roket yang runcing seperti kerucut

  • Gunting lingkaran menjadi dua bagian sama besar. Selanjutnya, guntinglah kertas berbentuk lingkaran tersebut. Dan, kita hanya membutuhkan setengah lingkaran saja untuk membuat ujung roket kertas.
Selanjutnya, guntinglah kertas berbentuk lingkaran tersebut. Dan, kita hanya membutuhkan setengah lingkaran saja untuk membuat ujung roket kertas.
Gunting lingkaran menjadi dua bagian sama besar.

  • Beri lem lingkaran. Kita akan membentuk kerucut untuk kepala roketnya sekarang. Jadi aplikasikan lem pada bagian kertas, mulai dari bekas titik pusat linkaran ke salah satu bagian tepinya seperti diperlihatkan oleh gambar di bawah ini.
langkah selanjutnya dalam membuat roket kertas adalah dengan membentuk kerucut untuk bagian depan atau kepala roket. caranya tambahkan lem.
berikan lem kertas

  • Tekuk kertas dari titik pusat lingkaran untuk membentuk kerucut. Tekuklah kertas dengan berpusat pada bekas titik tengah lingkaran sehingga terbentuk sebuah kerucut. Lekatkan tepinya dengan lem yang tadi telah diaplikasikan. Tunggu hingga kering. Mungkin perlu waktu 2 atau 3 menit untuk menunggu hingga lem benar-benar kering dan kerucut yang terbentuk tidak terbuka. Selanjutnya guntinglah bagian tepi kerucut untuk nanti disambungkan dengan badan roket kertas.
membentuk kerucut dan menggunting pinggirannya untuk bagian sambungan

  • Beri lem bagian tepi kerucut. Setelah digunting untuk membuat bagian persambungan antara badan roket dan kepala roket (kerucut), maka aplikasikan lem pada bagian persambungan tersebut.
selanjutnya, tambahkan lem secukupnya pada pinggiran untuk nanti disambungkan antara badan roket dengan kepala roket kertas yang berbentuk kerucut ini
memberikan lem pada tepi kerucut (kepala roket kertas)

  • Sambungkan kepala roket (kerucut) dengan badan roket (tabung). Selanjutnya satukanlah kedua bagian (tabung atau badan roket yang berwarna merah) dan kepala roket (kerucut yang berwarna kuning) seperti pada gambar berikut ini.
langkah berikutnya adalah menyambungkan bagian roket yang berbentuk kerucut (kepala roket atau bagian depan roket) dengan bagian badan roket yang berbentuk tabung
menyambungkan badan dengan kepala roket

  • Membuat bagian pendorong (tabung bahan) roket kertas. Sekarang potonglah kertas dengan warna yang berbeda dengan ukuran 5 cm x 5 cm sebanyak 2 lembar. Ini akan kita buat menjadi dua buah tabung bahan bakar roket kertas.
potong 2 helai kertas berbentuk persegi ukuran 5 cm x 5 cm untuk bagian tabung bahan bakar roket kertas
2 helai kertas ukuran 5 cm x 5 cm untuk bagian tabung bahan bakar

  • Gulung kedua helai kertas untuk membentuk tabung kecil dengan bantuan pensil. Untuk membuat dua buah gulungan kertas berbentuk tabung, maka gunakan pensil sebagai dasarnya. Berikan lem pada bagian tepi kertas dan biarkan kering selama beberapa menit.

  • Bentuk tabung bahan bakar roketmu. Setelah lemnya mengering dan merekat kuat, guntinglah menyerong salah satu ujung tabung kecil sehingga tampak runcing. Lakukan untuk kedua tabung kecil tersebut.
langkah keberikutnya adalah menggunting ujung-ujung tabung kecil kertas untuk membuat bentuk tangki bahan bakar roket kertas kita
gunting menyerong kedua tabung kecil yang sudah kering

  • Ini dia hasilnya. Dua buah tabung bahan bakar berwarna biru yang akan kita lekatkan pada bagian bawah badan roket kertas.
bagian bahan bakar ini berbentuk tabung atau silinder yang kemudian digunting menyerong untuk ditempelkan ke badan pesawat luar angkasa atau roket
dua buah tangki bahan bakar berbentuk silinder runcing

  • Lekatkan tabung bahan bakar ke badan roket. Selanjutnya, berilah lem di bagian tabung kecil (tabung bahan bakar) yang akan ditempelkan ke bagian badan roket. Pastikan kita telah mengatur posisinya agar simetris sehingga tampak bagus.
belajar membuat roket dari kertas bekas, mainan yang bisa dibuat oleh anak-anak dengan mudah
nah...ini dia roket kertasnya sudah jadi

Itulah langkah terakhir dari langkah-langkah atau cara untuk membuat roket berbahan kertas bekas. Bagaimana, bisakah kamu membuatnya? Yakin deh, karena langkah-langkah tersebut relatif mudah, kamu pasti bisa.

Baca Juga:
Cara Mudah Mengukir Sabun Mandi Berbentuk Ikan untuk Tugas Prakarya
Cara Membuat Bunga Cantik dari Kantong Plastik
Tempat Pensil Berbahan Dasar Kulit Jagung
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...