Masih Ada Waktu: Mendaftar CPNS Di CASN GGD Kemdikbud 2016

Kabar gembira, bahwa pada tahun 2016 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) telah membuka pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) atau sekarang lebih dikenal sebagai CASN (Calon Aparatur Sipil Negara). Proses pendaftaran dan seleksi tentunya agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mari kita simak selengkapnya.

pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN atau CPNS) di GGD (Guru Garis Depan) Kemdikbud tahun 2016
laman CASN di casn.kemdikbud.go.id

Nah, proses pendaftaran secara online telah berlangsung dan kini sampai pada tahap melengkapi berkas. Setelah melakukan proses pendaftaran melalui aplikasi pendaftaran CASN online di https://registrasi.casn.kemdikbud.go.id maka diminta kepada semua pelamar CASN Kemdikbud RI tahun 2016 ini untuk sesegeranya melengkapi persyaratan administrasi. Kemudian pelamar juga diminta untuk sesegeranya mengirimkan berkas persyaratan administrasi tersebut paling lambat pada tanggal 31 Agustus 2016 cap pos. Hal ini penting agar panitia seleksi dapat memproses pendaftaran para pelamar CASN Kemdikbud RI. Untuk diketahui bahwa berkas yang dikirimkan oleh para pelamar akan diambil oleh panitia seleksi paling akhir tanggal 5 September 2016. Jadi bergegaslah jika anda tidak ingin ketinggalan.

Sebagai tambahan informasi untuk anda bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI telah bekerja sama dengan 93 Kabupaten di daerah khusus (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) dan Terpencil) dengan memberikan kesempatan bagi Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) pasca Program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T), PPG S1 PGSD Berasrama, PPG SMK Kolaboratif, PPG Basic Science, dan PPGT untuk menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Guru. Jadi ini formasinya khusus untuk guru yang berada di daerah 3T sebagaimana dijelaskan di atas. Mungkin anda sudah tahu dan telah membaca pengumumannya yaitu Pengumuman Sekretaris Jenderal Nomor 30660/A3/KP/2016 Tanggal 12 Agustus 2016 tentang Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Guru Garis Depan (GGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016. Tidak banyak waktu yang diberikan memang dan anda sebagai pelamar harus gesit agar tidak tertinggal dan tercecer pada setiap tahapannya.

Tentang tahapan seleksi administrasi untuk penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) Guru Garis Depan (GGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016, maka setiap pelamar harus menyertakan format kelengkapan seleksi administrasi. Silakan download melalui link di bawah ini:


Dalam pelaksanaan rekruitmen atau penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Guru Garis Depan (GGD) untuk daerah 3T ini, ada 5 tahapan yang akan dilaksanakan, yaitu:
  • Tahap 1. Pendaftaran di Portal/situs Kemdikbud. Pendaftaran dilakukan oleh pelamar (peserta) dengan memastikan bahwa pendaftaran dilakukan melalui situs https://registrasi.casn.kemdikbud.go.id. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak mengalami penipuan atau hal lain sejenisnya dan benar-benar terdaftar. Pendaftaran dilakukan secara online dengan login (masuk) pada aplikasi yang telah disediakan. Pada saat login ini peserta atau pelamar harus melengkapi kolom-kolom pada formulir pendaftaran online serta mengupload pasfoto sesuai kriteria yang diberikan. Langkah selanjutnya pada tahap ini adalah, peserta mencetak (print) Kartu Tanda Peserta Seleksi dan Formulir Pendaftaran tadi. Untuk melakukan pendaftaran CASN online, pelamar harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan username dan password pada alamat
    https://registrasi.casn.kemdikbud.go.id dengan langkah sebagai berikut:
    1. Pilihlah menu “Daftar” atau “Daftar Sekarang” pada halaman tersebut;
    2. Kemudian lengkapilah seluruh kolom-kolom isian yang diberikan, kemudian para pelamar/pendaftar akan diberikan konfirmasi melalui alamat email pelamar yang bersangkutan.
    3. Periksa inbox pada email anda bahkan mungkin pada spam box, jika tidak ditemukan pada inbox. Kemudian konfirmasi pendaftaran yang telah Anda lakukan dengan mengklik link (tautan) yang terdapat di dalam email tersebut. Apabila dalam waktu lebih dari 24 jam Anda belum mendapat konfirmasi, silakan kirimkan pengaduan melalui helpdesk.casn@kemdikbud.go.id;
    4. Berikutnya, para pendaftar login dengan memakai username (nomor sertifikat dan Program PPG) dan password yang telah didaftarkan ke dalam aplikasi CASN online di alamat https://registrasi.casn.kemdikbud.go.id untuk mengisi formulir pendaftaran online dan mendapatkan nomor pendaftaran;
    5. Lalu, pelamar mengupload pasfoto dengan ketentuan berpakaian rapi dan sopan, posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera, proporsi wajah antara 25% - 50% dari foto, besar file maksimum 500 kb, format .jpg atau .jpeg;
    6. Tahap terakhir pada proses ini pelamar harus mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi dan lembar formulir pendaftaran online.
    7. Waktu pendaftaran adalah 14 hari dari tanggal 18 s.d. 31 Agustus 2016;
      Pendaftaran CASN online tidak dapat lagi dilakukan apabila telah melewati jadwal yang telah ditetapkan;
      Nomor pendaftaran diberikan secara otomatis oleh sistem pendaftaran cpns online;
      Pelamar hanya dapat mendaftar untuk satu instansi (kabupaten), apabila lebih maka sistem aplikasi CASN online akan menolak.
       
  • Tahap 2. Adalah tahap yang sedang berlangsung saat ini, di mana para pelamar CASN GGD diminta mengirim berkas lamarannya masing-masing untuk dilakukan seleksi administrasi oleh panitia seleksi ke alamat PO BOX 1525-JKS 12015. Ingat paling lambat tanggal 31 Agustus 2016 cap pos ya. Berkas disusun dengan urutan sebagai berikut:
    Hasil cetakan ( print out ) formulir pendaftaran CASN online yang telah di tandatangani;
    Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan kepada Bupati dibuat pada saat tanggal pendaftaran; 
  • Tahap 3. Merupakan tahapan pengumuman yang akan dilakukan oleh panitia seleksi CASN GGD (Calon Aparatur Sipil Negara untuk Guru Garis Depan). Di mana pengumuman akan diberikan kepada para pelamar langsung melalui situs atau laman http://casn.kemdikbud.go.id
  • Tahap 4. Ini merupakan tahap penting pelaksanaan seleksi CASN GGD (Calon Aparatur Sipil Negara untuk Guru Garis Depan) di daerah 3 T ini. Peserta akan mengikuti SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) melalui serangkaian tes (ujian) dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test = Ujian Berbantuan Komputer). Ujian akan dilaksanakan di tempat-tempat seleksi kompetensi dasar yang telah ditentukan oleh panitia. 
  • Tahap 5. Nah, ini adalah tahapan terakhir yang akan ditunggu-tunggu oleh para pelamar atau peserta seleksi CASN untuk Guru Garis Depan di daerah 3T, yaitu pengumuman hasil akhir seleksi. Pengumuman hasil akhir seleksi CASN GGD ini akan dilakukan oleh Bupati (Pemda yang mengadakan seleksi) bersama Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) dan akan direlay oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada situs resmi (laman) http://casn.kemdikbud.go.id dan http://www.kemdikbud.go.id
Oh ya, untuk anda yang mengalami permasalahan seputar Pendaftaran Calon Aparatur Sipil (CASN) Guru Garis Depan (GGD) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2016, Anda boleh dan sangat dianjurkan untuk mengirim surat pengaduan melalui surel (surat elektronik = email) ke alamat helpdesk.casn@kemdikbud.go.id. Prosedur pengiriman email ke helpdesk CASN ini juga harus sesuai format atau prosedur agar dapat ditanggapi. Adapun prosedur atau format yang akan direspon atau ditanggapi oleh pihak helpdesk adalah seperti ini.

    Subject surel harus mengikuti format: GGD2016(spasi)(masalah).
    Contoh: GGD2016 Tidak bisa login
    Tubuh surel memuat:
        Nama Lengkap
        Alamat domisili
        Nomor Sertifikat Pendidik
        Nama Program PPG
        Alamat email yang digunakan saat mendaftar
        Isi Pengaduan

Baca Juga: Cara Mendaftar Guru Garis Depan (GGD) --> Posting Lama Kami


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...