Prakarya Mudah dari Stik Es Krim: Kotak Pensil

Kotak Pensil dari Stik Es Krim dan Bekas Kemasan Teh Celup

Lagi dapat tugas prakarya untuk membuat kerajinan tangan sederhana dari stik es krim? Nah, ini mungkin dapat menjadi salah satu alternatif prakarya yang dapat kamu buat dalam waktu singkat dan pengerjaannya sangat mudah. Lagipula tidak memerlukan peralatan yang macam-macam. Ya, mari membuat kotak pensil dengan bahan dasar stik es krim dan kotak kemasan teh celup. Lihatlah, lumayan kan hasilnya. Anak-anak atau siswa SD-pun dapat membuatnya.

sangat mudah membuat kotak pensil dari stik es krim ini. Prakarya sederhana ini dapat menjadi contoh untuk kerajinan tangan yang mudah dibuat oleh anak-anak karena pengerjaannya gampang dan dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 1 jam
contoh prakarya untuk siswa SD dari stik es krim

Cara Membuat Kotak Pensil dari Stik Es Krim dan Kotak Teh Celup

Jika kamu tertarik untuk membuatnya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah cara pembuatannya berikut ini. Jangan lupa perhatikan gambar-gambat yang diberikan supaya lebih paham. Oh, jangan lupa juga untuk terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan dan alat-alat sederhana yang kita perlukan.

Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang kita butuhkan untuk membuat kotak pensil sederhana sebagai prakarya dari stik es krim dan kotak kemasan teh celup ini adalah sebagai berikut:
  • Stik es krim (35 - 40 buah), saya menggunakan stik dengan panjang 11 cm dan lebar 1 cm. Ukuran lain boleh kok. Tinggal menyesuaikan saja nantinya.
  • Kotak kemasan teh celup. Saya memang biasa mengumpulkan kotak kemasan teh celup untuk dibikin prakarya sederhana. (kita membutuhkan 2 buah kotak kemasan teh celup untuk model kotak pensil ini)
  • selotip / isolasi transparan
  • lem kayu (saya menggunakan lem fox putih), efektif untuk melekatkan kayu dan kertas.
  • kertas kado atau kertas HVS bekas (boleh juga pakai kertas lainnya)
  • gunting
  • mistar
  • cutter / pisau
  • pulpen / pensil
kumpulkan atau siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kotak pensil sederhana untuk siswa SD ini terlebih dahulu agar pekerjaan menjadi efektif
beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat prakaya kotak pensil

Langkah-Langkah/Cara Membuat

Setelah semua alat dan bahan siap, kita dapat mulai mengerjakan kerajinan tangan sebagai prakarya sederhana ini. Perhatikanlah gambar-gambar yang diberikan dan baca penjelasannya. Baik, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  • Ukur kotak kemasan teh celup dengan stik es krim. Kita harus memotong kota agar lebih pendek dari stik es krim. Dalam hal ini, karena stik es krim panjangnya 11 cm, maka saya mengukur kotak teh dengan tinggi 9 cm (2 cm lebih pendek dari stik es krim).
  • Buat garis dengan bantuan pensil/pulpen dan penggaris untuk mempermudah kita saat menggunting kotak kemasan teh celup.
untuk membuat prakarya kotak pensil yang mudah ini kita mulai dengan membandingkannya dengan panjang stik es krim (2 cm lebih pendek)
mengukur tinggi kotak kemasan teh celup, 2 cm lebih pendek dari stik es krim
  • Lihatlah gambar berikut. Saya membuat garis lurus pada bagian yang akan dipotong pada kedua kotak kemasan teh celup pada ke-4 sisinya.
  • Kotak kemasan teh celup ini akan menjadi base (dasar) untuk menyusun stik es krim dengan cara paling mudah.
tandai dengan pulpen atau pensil dan mistar bagian yang akan dipotong pada kotak kemasan teh celup untuk membuat prakarya kerajinan tangan kotak pensil sederhana
membuat garis untuk membantu pengguntingan

  • Potong kotak kemasan teh celup menurut garis yang telah dibuat dengan gunting. Jangan takut kalau kotak tehnya terbuka. Gampang. Kita akan memperbaikinya nanti.
untuk membuat prakarya kotak pensil ini maka kotak kemasan teh celup kemudian dipotong dengan gunting pada bagian yang telah ditandai dengan pulpen atau pensil
memotong kotak kemasan teh celup dengan gunting
  • Perbaiki bentuk kotak yang hancur atau terbuka dengan menggunakan lem atau selotip. Gampang sekali untuk memperbaikinya karena kita mempunyai bekas-bekas lipatan yang sudah ada. Tinggal merekatkannya saja kok.
untuk siswa SD saya rasa tidak akan kesulitan untuk memngembalikan bentuk kotak dengan cara memberi selotip atau lem pada bagian-bagian yang terbuka karena proses pengguntingan
rapikan kembali kotak yang dipotong dengan memberikan selotip atau lem pada baian yang terbuka
  • Ambil kertas kado atau kertas HVS, atau kertas apa saja yang kamu punya untuk membungkus kotak kemasan teh celup. Paling mudah, gunakan selotip sebagaimana sedang memberi sampul buku atau membungkus kado. Rapikan sudut-sudut kotak dan sisi-sisi lipatan agar hasilnya bagus untuk dasar kotak pensil nantinya. Perhatikan gambar.
berikutnya, bungkus kedua kota yang telah dipotong. Ingat kita menggunakan potongan kotak yang panjangnya 9 cm. Sisa potongan kotak kemasan teh celup dapat disimpan untuk bahan prakarya lainnya nanti.
bungkus kotak teh dengan kertas, saya menggunakan kertas HVS bekas
  • Jadinya kurang lebih akan seperti gambar berikut, setelah dibungkus dengan kertas.
bungkus terlebih dahulu kedua kotak kemasan teh celup sehingga semua gambar yang bacaan tertutup. usahakan membungkus dengan rapi terutama pada bagian sudut-sudut kotak teh celup
kedua kotak teh celup dibungkus dengan kertas kado atau kertas HVS
  • Selanjutnya kita akan menyatukan kedua kotak teh celup yang telah dibungkus kertas ini. Caranya, sapukan lem fox putih atau lem kertas lainnya pada salah satu sisi kotak yang akan dilekatkan. Perhatikan gambar berikut.
langkah selanjutnya adala menyatukan kedua kotak dengan memberikan lem pada calon kerajinan tangan berbentuk kotak pensil ini
menyapukan lem pada salah satu sisi kotak bekas kemasan teh celup
  • Tempelkan kedua kotak agar menyatu. Nanti kita akan mempunyai sebuah kotak pensil yang mempunyai 2 ruangan (kontainer).
untuk membuat kerajinan tangan bentuk kotak pensil dengan hiasan stik es krim ini kita melekatkan dua buah kotak teh pada salah satu sisinya
menempelkan kedua kotak kemasan teh sehingga menjadi satu
  • Tahap berikutnya adalah menempelkan stik-stik es krim pada jarak yang beraturanpada setiap sisi kotak. Susun terlebih dahulu stik es krim untuk mengira-ngira. Mulailah dengan meletakkan stik pada kedua ujung (sisi) kotak lalu bagian tengah, dan seterusnya. Jika sudah kelihatan bagus, barulah dilem satu per satu dengan menggunakan lem fox putih.
untuk langkah berikutnya pada pembuatan kotak pensil dari bahan stik es krim dan kotak kemasan teh celup ini aturlah susunan stik es lebih dahulu baru kemudian memberi lem
menempelkan stik es krim pada semua sisi kotak
  • Jika ke-4 sisi kotak sudah ditempeli stik es krim, selanjutnya berilah tambahan stik es krim dengan membuat pola mendatar seperti gambar. Agar lebih artistik, letakkan stik es krim sekitar 1 cm dari ujung-ujung stik es yang telah terlebih dahulu ditempel.
walaupun sederhana, cukup dengan semua sisi kotak pensil akan ditempeli stik es krim untuk memperkuat dan memperindah tampilannya
tambahkan stik es krim lagi secara mendatar
  • Lakukan penempelan stik es secara mendatar ini pada ke-4 sisi kotak. Kamu mungkin membutuhkan cutter atau pisau (hati-hati bekerja dengan cutter dan pisau yang tajam!) untuk memotong kelebihan panjang stik es krim.
kerajinan tangan dari stik es krim yang berbentuk kotak pensil dari kemasan teh celup dan stik es ini hampir selesai dibuat
semua sisi ditempeli stik es krim secara horisontal untuk memperkuat dan mempercantik
  • Bila ke-4 sisi telah diberi stik es krim secara mendatar (horisontal), maka selesailah sudah pembuatan prakarya mudah berbentuk kotak pensil dari stik es krim dan kotak kemasan bekas teh celup ini. 
  • Stik es krim yang diletakkan mendatar di atas stik es krim yang berjajar itu akan memperkuat konstruksi kotak pensil sehingga lebih tahan banting dan tidak mudah penyok.
mudah sekali cara membuat kotak pensil ini. Anak SD pun pasti bisa
mudah, selesai dikerjakan dalam waktu kurang dari 1 jam
Bagaimana? Mudah sekali bukan cara membuat prakarya sederhana dari stik es krim dan kotak bekas kemasan teh celup yang berbentuk tempat pensil ini? Semoga bermanfaat.

Kamu juga dapat membuat prakarya (kerajinan tangan) mudah lainnya seperti:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...