Download Pedoman Simposium GTK 2016

Download Pedoman atau Panduan Simposium GTK 2016


Di akhir tulisan ini anda dapat menemukan link download panduan Simposium GTK 2016. Dulu tahun 2015, ajang ini disebut Simposium Guru. Tahun ini disebut Simposium GTK 2016. Memang lebih tepat demikian menurut saya karena yang boleh mengikuti kegiatan Simposium 2016 adalah GTK, jadi prinsipnya tak melulu guru saja. Hari ini, saya telah mendapatkan pedoman atau panduan untuk anda yang mungkin berminat mengikuti kegiatan ini. Oh ya, sekedar untuk diketahui selain nama kegiatan ada beberapa hal lain yang berbeda pada Simposium GTK 2016 dibanding Simposium Guru 2015 lalu. Apa saja itu?

silakan download Pedoman Simposium GTK 2016 atau panduan mengikuti pemilihan peserta simposium guru 2016
silakan download Pedoman Simposium GTK 2016


Jumlah Pemenang Simposium GTK 2016 Dikurangi

Jika pada tahun lalu simposium menargetkan para pemenang sebanyak 200 orang dari jalur karya tulis, pada Simposium GTK (Guru dan Tenaga Teknis) tahun 2016 hanya ditarget 100 peserta saja. Jadi ada pengurangan dari segi jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan ini.

Topik atau Tema Karya Tulis Calon Peserta Simposium GTK 2016 Dibatasi

Kalau pada tahun lalu topik atau tema karya tulis untuk diikutkan pada simposium tidak ada batasan yang ketat, maka tahun ini calon peserta Simposium GTK 2016 harus memilih salah satu tema atau topik yang telah disediakan. Ada 10 topik yang boleh dipilih, yaitu:
  1. Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan
  2. Optimalisasi Pendidikan Inklusi
  3. Revitalisasi SMK dalam Menghadapi Daya Saing Ketenagakerjaan
  4. Membangun Budaya Literasi di Satuan Pendidikan
  5. Profesionalitas Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Guru dan Tenaga Kependidikan Pembelajar
  6. Pelindungan Guru dan Tenaga Kependidikan (Hukum, Profesi, K3 dan HaKI)
  7. Membangun Integritas di Satuan Pendidikan
  8. Penilaian Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan
  9. Meningkatkan Mutu dan Akses Pendidikan di Daerah 3T
  10. Teknologi informasi sebagai media dan sumber pembelajaran
Dan tentu saja tidak semua topik bisa dipilih dengan sekehendaknya karena harus memperhatikan peran dari masing-masing penulisnya. Maksudnya begini, ketika seorang Guru SD menulis tentang topik Revitalisasi SMK dalam Menghadapi Daya Saing Ketenagakerjaan, tentunya sangat tidak pas. Itu contohnya saja. Silakan dipikirkan sebelum anda menulis karya.
Dan, dari setiap topik atau tema ini nantinya hanya akan dipilih 10 karya terbaik saja untuk selanjutnya bersaing dalam satu kelas memperebutkan juara 1, 2, dan 3.

Tata Cara Pemilihan Peserta Simposium GTK 2016

Jika pada tahun lalu proses pemilihan peserta yang 200 orang itu banyak mengecewakan guru-guru dan tenaga teknis pendidikan, karena sistem vote melalui like terbanyak (tanpa verfiikasi email) yang dengan mudah dapat dicurangi, kali ini panitia juga lebih ketat. Mula-mula panitia Siposium GTK 2016 akan melakukan seleksi administrasi (memeriksa kelengkapan berkas atau file yang dikirimkan secara online oleh calon peserta), kemudian dipilah-pilah berdasarkan 10 topik atau tema di atas, kemudian dilakukan lagi seleksi akademik naskah, seleksi melalui tes similarity dan sitasi (untuk mengecek plagiarism) yang juga menjadi salah satu hal yang dipermasalahkan banyak peserta pada Simposium tahun lalu. Setelah terpilih 100 orang (masing-masing 10 orang pada setiap kelas/topik/tema di atas) maka setiap peserta Simposium ini akan menjadi pembicara dalam Simposium untuk menentukan pemenang I, pemenang II, dan pemenang III.

Sistematika Penulisan Karya Tulis Simposium GTK 2016 Ditentukan dengan Ketat

Untuk sistematika penulisan karya telah ditentukan oleh panitia Simposium GTK 2016. Jika melenceng dari sistematika atau format penulisan ini, tentunya karya tidak akan lolos seleksi administrasi sedari awal seleksi. Bagaimana sistematika karya tulis untuk Simposium GTK 2016 ini, silakan sisimak. Sistematika penulisan karya tulis untuk diikutkan dalam Simposium GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) terdiri dari Pengantar (10%), Masalah (25%), Pembahasan dan Solusi (40%), Kesimpulan dan Harapan Penulis (25%) ditambah Daftar Pustaka, dan Surat Pernyataan Keaslian Karya. Maksimal jumlah halaman 15 (tidak termasuk daftar pustaka), kertas ukuran A4. Naskah diketik dengan spasi 1,5, huruf Arial ukuran huruf (font)12, batas tepi/margin kiri 3 cm, kanan 2,5 cm, atas 3 cm, dan bawah 2,5 cm. Khusus untuk ukuran huruf tabel dan gambar disesuaikan dengan kebutuhan.

DOWNLOAD PANDUAN ATAU PEDOMAN SIMPOSIUM GTK 2016
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...