Alternatif Power Point: Membuat Presentasi Di Haiku Deck

Alternatif Power Point: Membuat Presentasi Di Haiku Deck

Adakah aplikasi (software) untuk membuat presentasi selain menggunakan Power Point? Oh ada. Bahkan ada banyak aplikasi dan software pembuat slide-slide presentasi dengan ciri khas mereka masing-masing. Mungkin Bapak dan Ibu Guru masih ingat beberapa waktu lalu blog novehasanah.blogspot.co.id telah membeberkan beberapa di antara seperti Prezi, PowTown, Knovio, SlideDog, VideoScribe dan beberapa yang lainnya yang akan kita ulas juga pada artikel mendatang. Nah, berkaitan dengan alernatif pembuat presentasi ini kni kami akan menunjukkan sebuah aplikasi online yang sangat mudah untuk digunakan dan bisa menghasilkan slide-slide yang cantik dan menarik bagi para peserta didik. Perkenalkan Haiku Deck Presentation Software/Online Presntation Tool

Haiku Deck adalah sebuah aplikasi online untuk membuat media presentasi yang mana aplikasi ini mengklaim bahwa akan mampu mengubah persepsi anda (Bapak dan Ibu Guru) tentang bagaimana seharusnya sebuah presentasi itu dihadirkan melalui rangkaian slide-slide yang menarik dan powerful.Haiku Deck membuat waktu membuat presntasi yang cantik menjadi semakin efisien. Kemudahan dalam menggunakan Haiku Deck tampak pada fitur-fiturnya yang sangat sedikit dan sederhana. Pada presentasi yang dibuat dengan Haiku Deck, kita bisa memilih gambar latar yang bagus-bagus dan telah disediakan oleh situsnya, kemudian pengguna dapat menambahkan satu atau dua kalimat. Jadi di Haiku Deck presentasinya  lebih berupa kalimat-kalimat simple yang merupakan fokus dari presentasi. Ini menurut pengembang Haiku Deck memang disengaja agar para pengguna tidak terjebak dalam pembuatan presentasi yang rumit dan terlalu penuh dengan teks sehingga justru mengaburkan kejelasan dari presentasi. Jadi tidak ada lagi presenter (guru) yang terjebak membuat slide-slide dengan ukuran font (huruf) yang terlalu kecil.
tampilan website Haiku Deck tempat kita bisa membuat file presentasi secara online dengan mudah
tampilan website Haiku Deck tempat kita bisa membuat file presentasi secara online dengan mudah

Pengembangan Haiku Deck mengacu pada teori "Presentation Zen" oleh Garr Reynold yang sudah sangat terkenal itu: simple, jelas dan fokus. Database haiku Deck menyediakan begitu banyak gambar yang akan cocok dengan slide-slide yang dibuat sehingga hasilnya akan lebih elegan. Dan lebih penting, Haiku Deck menyediakan akun gratis untuk para pendidik dan pelajar.

Secara umum telah disebutkan beberapa kelebihan Haiku Deck sebagai sarana bagi guru untuk membuat media presentasi berbentuk slide-slide sebagai alternatif lain dari power point. Nah, secara khusus di bawah ini akan kami rinci lagi beberapa kelebihan Haiku Deck.

Haiku Deck Membuat Slide-Slide Cantik

  • Kemudahan ditawarkan Haiku Deck karena Bapak dan Ibu Guru langsung dapat membuat tampilan yang sempurna dengan memilih dari berbagai tema (theme) yang indah.
  • Bapak dan Ibu Guru dapat dengan bebas memilih latar belakang yang sempurna untuk kata-kata atau kalimat dari jutaan foto berkualitas tinggi dengan lisensi bebas Creative Commons. Jadi Bapak dan Ibu Guru tidak perlu takut melanggar Hak Cipta atau Hak Kekayaan Intelektual dengan membuat presentasi di Haiku Deck.
  • Jika Bapak dan Ibu Guru menggunakan Haiku Deck di iPad, Bapak dan Ibu Guru dapat mengimpor gambar dari iPad Bapak dan Ibu Guru sendiri, Flickr, Instagram, Facebook, Dropbox, Picasa atau sumber lain untuk sentuhan pribadi.
  • Tahukan Bapak dan Ibu Guru, walaupun fitur-fiturnya sangat sederhana di Haiku Deck, kita juga dapat langsung membuat grafik yang sempurna indah. Haiku Deck memiliki fitur untuk membuat grafik lingkaran, grafik batang, dan grafik garis sehingga membuat Bapak dan Ibu Guru lebih mudah dalam menampilkan suatu data di balik angka-angka.
  • Haiku Deck tetap memberikan opsi untuk membuat penomoran dan bullet sehingga Bapak dan Ibu Guru dapat membuat rincian tentang suatu hal tanpa harus membuatnya tampak terlalu rumit.      
  • Di Haiku Deck, walaupun gambar disediakan dari data base atau menggunakan data base dari komputer atau ponsel cerdas Bapak dan Ibu Guru, gambar tetap dapat diedit langsung di Haiku Deck seperti melakukan pemotongan dan mereposisi gambar untuk latar belakang slide.

Haiku Deck Mudah Dibagikan

  • Sharing interface yang dimiliki Haiku Deck memudahkan Bapak dan Ibu Guru untuk membagikan file presentasi yang telah dibuat melalui email atau media sosial seperti Twitter, Facebook atau bahkan dibagikan (embed) melalui blog atau website milik Bapak dan Ibu Guru.
  • Oh ya, Haiku Deck memiliki setting pripacy sehingga para pengguna dapat mengontrol siapa saja yang boleh melihat presentasi yang telah dibuat.
  • Pada Haiku Deck terdapat Galeri yang memungkinkan Bapak dan Ibu Guru melihat presentasi di Deck yang tampilannya seperti pada sebuah website  sebelum diposting (disebarkan).
  • Slide presentasi dapat ditayangkan melalui iPad, proyektor, smartphone atau berbagai jenis browser.
  • Bapak dan Ibu Guru dapat melihat bagaimana tampilan presentasi pengguna lain melalui Galeri sehingga secara bersama terbentuk komunitas pengguna Haiku Deck untuk berbagi inspirasi atau pemikiran-pemikiran kreatif.
  • Haiku Deck dapat diekspor menjadi file power point, keynote, atau PDF.
  • Di website Haiku Deck pengguna bisa melihat berapa banyak orang yang telah mengunjungi atau melihat-lihat file presentasi yang Bapak dan Ibu Guru buat.
Baca Juga:
Cara Membuat Presentasi di Prezi: Sign Up
Tutorial Prezi: Navigasi Kanvas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...