Cara Menumbuhkan Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran Di kelas

Salah satu kebutuhan dasar siswa menurut Luc Stevens adalah kompetensi. Mengembangkan kompetensi siswa sehingga mereka benar-benar ingin memilikinya dengan baik kadang-kadang tidaklah mudah. beberapa siswa mungkin tidak begitu termotivasi dalam pembelajaran karena mereka merasa tidak mampu atau kurang percaya diri. hal ini tentu saja sangat berpengaruh pada pencapaian kompetensi yang nantinya akan sangat mereka perlukan dalam kehidupan. Selain itu beberapa faktor lainnya juga berpengaruh, seperti penghargaan guru akn kompetensi yang dimiliki siswa, dan sebagainya.

peningkatan kompetensi siswa saat proses pembelajaran di kelas berlangsung sangat penting mengingat kompetensi adalah salah satu kebutuhan dasar siswa. beragam cara dapat dilakukan oleh guru untuk ini, dan semuanya itu pada dasarnya merupakan dua hal berikut yaitu memberikan pembelajaran yang menantang dan menumbuhkan rasa percaya diri akan kemampuan mereka untuk belajar dengan sukses
cara meningkatkan kompetensi siswa dalam kegiatan pembelajaran

Beberapa cara berikut ini menurut para ahli psikologi pendidikan, jika dilakukan guru saat berinteraksi dalam pembelajaran di kelas akan mampu membantu siswa untuk membuat siswa merasa bahwa dirinya kompeten. Walaupun di sini dituliskan banyak cara, akan tetapi pada intinya semua dapat dikatakan sebagai bentuk pembelajaran yang menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa dan memberikan kegiatan pembelajaran yang menantang.
  • Menunjukkan kepada siswa bahwa guru sangat menghargai partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
  • Yakinkan bahwa guru mengharapkan hasil terbaik yang dapat dilakukan siswa, dan sesuaikan ini dengan tingkat kemampuan dan bakat mereka sehingga berhasil mencapai kriteria yang diharapkan guru tersebut.
  • mengakomodasi kecepatan belajar dan kecepatan mengerjakan sesuatu tugas oleh siswa dalam setiap pembelajaran.
  • Alih-alih selalu memberikan kesempatan berpartisipasi pada siswa yang mengangkat tangan, guru juga harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperlihatkan kompetensi dengan menunjuk secara bergiliran.
  • Mengajak siswa untuk mengevaluasi bagaimana pembelajaran yang telah mereka lakukan.
  • Menunjukkan penghargaan kepada siswa yang menunjukkan kompetensi yang telah dimilikinya sehingga dapat didengar dan diketahui oleh siswa lainnya secara tepat.
  • Mengakomodasi gaya belajar yang berbeda-beda pada setiap siswa dalam kegiatan pembelajaran.
  • Secara teratur memberikan kesempatan kepada siswa agar menjadi pusat perhatian kelas.
  • Tunjukkan pada siswa bahwa belajar dan bekerja secara bersama-sama (kolaboratif) itu sangat penting bagi guru.
  • Berikan penghargaan untuk setiap ide-ide yang muncul dari siswa dan jika mungkin manfaatkan dan gunakan ide-ide tersebut dalam kegiatan pembelajaran. 
  • Berikan pertanyaan-pertanyaan yang membuat siswa berpikir reflektif.
  • Pahami keinginan dan harapan-harapan siswa dalam pembelajaran.
  • Tunjukkan secara gamblang bahwa guru ingin selalu mendengarkan opini dan pendapat siswa akan suatu hal dalam kegiatan pembelajaran.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan guru untuk menumbuhkan dan mengembangkan kompetensi siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran di kelasnya.

Baca Juga:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...