Pembelajaran Inkuiri: Siswa Belajar secara Mendalam

Sebuah kelas yang didalamnya diterapkan pembelajaran inkuiri akan mendorong siswanya untuk belajar suatu permasalahan secara lebih mendalam. Siswa mencari sendiri jawaban-jawaban yang mereka buat melalui beragam sumber informasi yang mungkin  diperolehnya. Akan tetapi hal ini tidak semudah itu berlangsungnya, harus ada iklim belajar yang mendukung dan pembiasaan dari guru agar siswa terbiasa menjadi pebelajar mandiri.

Budaya dan iklim kelas yang mendukung pembelajaran inkuiri adalah mutlak agar pelaksanaan proses belajar secara inkuiri ini sukses. Paling tidak guru harus memperhatikan budaya dan iklim kelas berikut ini.

bagaimana membuat pembelajaran inkuiri di kelas menjadi efektif dan membuat siswa berpikir secara mendalam, yang selanjutnya juga membuat pemahaman menjadi lebih mendalam
guru harus mampu memodelkan proses inkuiri dalam pembelajarannya

Guru Juga Memberikan Teladan Bagaimana Berpikir Secara mendalam Melalui Inkuiri

Perlu dicatat oleh guru bahwa jika ia ingin siswanya ber-inkuiri selama proses pembelajaran di kelasnya, maka ia juga harus mampu memodelkan bagaimana berpikir dan belajar dengan proses inkuiri. Belajar dengan inkuiri memerlukan perencanaan yang matang dari guru. Ia dapat memulai dengan menyiapkan beberapa stimulus dan pertanyaan-pertanyaan yang akan membuat siswa dan dirinya sendiri berusaha mencari tahu tentang topik yang sedang dibahas. Guru perlu memodelkan kepada siswa bagaimana ia berpikir, meliputi pengajuan pertanyaan, proses pengumpulan informasi, hingga mengolah informasi yang diperoleh itu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tadi diajukan. Juga, guru perlu mengajarkan bagaimana merevisi pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan menjadi pertanyaan-pertanyaan baru sehingga pembelajaran inkuiri itu selalu bersiklus. Ini akan membuat guru dan siswa yang terlibat dalam pembelajaran inkuiri akan belajar secara lebih mendalam, dan tentunya nanti juga akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam pula tentang topik yang sedang dikaji.


Komunitas dan Iklim Kelas yang Nyaman untuk Pembelajaran Inkuiri

Guru harus mempersiapkan iklim dan budaya kelas yang nyaman untuk melakukan proses pembelajaran inkuiri. Di dalam kelas yang seperti ini, siswa atau guru dapat dengan nyaman berbicara secara bergiliran sementara yang lainnya mendengarkan. Semua orang merasa bebas dan nyaman untuk menyuarakan ide atau gagasan atau melontarkan pertanyaan yang "terdengar paling bodoh" sekalipun. Tidak ada rasa malu atau segan karena takut diejek atau terintimidasi.

Lebih Sering Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Inkuiri

Biar bagaimanapun, berlatih adalah kunci untuk membiasakan otak dan pikiran siswa, juga untuk guru. Keterampilan berpikir melakukan proses inkuiri akan tumbuh dengan sendirinya jika guru sering menerapkan pembelajaran inkuiri di dalam kelasnya.

Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Inkuiri

Kehidupan siswa jaman sekarang adalah kehidupan yang akrab dengan teknologi, utamanya teknologi informasi. Gunakan informasi-informasi yang berbasis teknologi informasi untuk mendukung sumber belajar. Siswa lebih menyukai interaksi dengan teknologi ini, walaupun tetap guru juga menyediakan beragam sumber lain yang sesuai dengan topik pembelajaran. Biar bagaimanapun juga, selain integrasi teknologi, penggunaan bahan dan sumber yang variatif juga sangat penting.

Pembelajaran Relevan dengan Kehidupan Sehari-Hari

Siswa hidup dengan lingkungannya, dan lingkungan mereka adalah hal yang tak dapat dipisahkan dari mereka. Karena itu selalulah berusaha untuk membuat pembelajaran inkuiri yang dilaksanakan di kelas sesuai dengan kehidupan mereka sehari-hari. Isu-isu yang sedang hangat di kalangan siswa dapat diangkat sedemikian rupa secara kreatif sehingga menarik dan bermakna bagi mereka.

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inkuiri
Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Inkuiri
Prinsip-Prinsip Pembelajaran Inkuiri
Pembelajaran Inkuiri : Fakta-Fakta
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...