Manfaat Youtube untuk Pembelajaran Guru

Manfaat Youtube untuk Pembelajaran Guru

Suka buka youtube ya Pak Guru dan Bu Guru? Sama kalau begitu, saya juga suka. Oh ya, pernah berpikir memanfaatkan youtube untuk pembelajaran? Hei, maksudnya di sini bukan sekedar download video dari youtube lalu menontonnya bersama-sama siswa sebagai sumber pembelajaran. Ada hal lain lho yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan website youtube ini. Ayo kita simak, siapa tau Bapak dan Ibu Guru suka dengan ide ini dan mencoba memanfaatkannya di kelas yang Bapak dan Ibu Guru ampu.
bisakah youtube dimanfaat secara lebih optimal untuk pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Jawabnya ya!
manfaat youtube untuk pembelajaran


Di jaman sekarang, saat digital learning dan e-learning berkembang pesat, maka jangan lewatkan sumber daya gratis youtube ini untuk pembelajaran. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan dengan youtube untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  • Integrasikan youtube dengan media lain seperti blog atau materi presentasi
  • Mengembangkan komunitas belajar melalui youtube di mana guru dan siswa terlibat bersama-sama
  • Buat siswa melakukan diskusi online melalui youtube secara menarik
  • Upload konten video dan jadikan bahan pembelajaran untuk mobile learning
  • Presentasi efektif dan efisien di channel video youtube anda
  • Membantu mengembangkan kemampuan siswa membuat komentar berbentuk catatan di komentar youtube
  • Mengembangkan kreativitas siswa dalam pembuatan video dengan tugas upload ke youtube

Nah, beberapa hal yang dapat dilakukan berkaitan dengan situs youtube.com di atas akan kita paparkan berikut ini.

Integrasikan youtube dengan media lain seperti blog atau materi presentasi



Ketika Bapak dan Ibu guru sedang mengembangkan media pembelajaran untuk presentasi baik yang berbasis offline maupun online, tentu akan lebih menarik dengan mengintegrasikan konten video dari sebuah channel yang sesuai di sana. Kehebatan dari youtube adalah kemudahan untuk melakukan proses ini. Ketika kelas Bapak dan Ibu Guru memiliki sambungan ke internet, maka media presentasi yang terkoneksi dengan youtube akan tampak menarik dan tentunya efektif untuk belajar siswa.

Mengembangkan komunitas belajar melalui youtube di mana guru dan siswa terlibat bersama-sama

Hal berikutnya yang dapat dilakukan dengan youtube adalah membuat sebuah komunitas belajar. Pada komunitas ini guru dan siswa dapat berdiskusi melalui komentar-komentar, menyarankan link-link video atau channel youtube yang bagus untuk ditonton terkait sebuah materi ajar pada topik tertentu, dan sebagainya. Pokoknya ada banyak hal dapat dikembangkan dengan memanfaatkan fasilitas gratis dengan fitur-fitur yang disediakan oleh youtube. Guru dapat memulai dengan membuat sebuah channel khusus untuk komunitas belajar (kelas)-nya.

Buat siswa melakukan diskusi online melalui youtube secara menarik




Sedikit sudah dipaparkan di atas, bahwa di youtube.com kita dapat memanfaatkan fitur komentar video untuk diskusi kelas. Tentu diskusinya secara online dan tak akan terhambat oleh masalah waktu. Ketika guru atau siswa mengupload sebuah video di channel kelas yang telah dibuat, setiap anggota kelas dapat mengomentari dan memberi tanggapan, bertanya, atau menjawab pertanyaan-pertanyaan. Diskusi tentu menjadi menarik karena dapat dilakukan dari rumah masing-masing pada waktu senggang. Dan jangan lupakan video streaming milik youtube yang powerful untuk diskusi online. Bahkan jika videonya viral, maka akan lebih banyak orang di luar kelas yang akan ikut berdiskusi dan menambah seru.

Upload konten video dan jadikan bahan pembelajaran untuk mobile learning


Melalui youtube, guru dapat mengembangkan kreativitasnya. Ia dapat membuat konten video untuk channel khusus yang akan dimanfaatkan oleh kelasnya. Siswa pada jaman sekarang sudah sangat mudah mengakses youtube melalui perangkat mobile yang mereka miliki dan tertolong dengan mode tonton offline youtube yang dapat menghemat pemakaian kouta internet mereka. Siswa akan terbantu belajarnya melalui video yang dibuat guru tanpa batasan waktu dan dapat mengulang memainkannya jika mereka butuhkan.

Presentasi efektif dan efisien di channel video youtube anda

Presentasi atau demontrasi yang dilakukan guru untuk keperluan pembelajaran seringkali lebih efektif dan efisien jika menggunakan video. Ini dapat mengurangi biaya penggunaan bahan-bahan yang mahal (misalnya pembelajaran IPA), atau penggunaan alat-alat yang rumit perakitan dan penggunaannya. Dengan mereka sebuah video dan menguploadnya ke youtube, maka presentasi, demonstrasi semacam ini dapat diulang-ulang dalam bentuk tayangan video di kelas. Dan arsip video dapat dengan mudah ditemukan dan tersimpan aman di channel youtube guru.

Membantu mengembangkan kemampuan siswa membuat komentar berbentuk catatan di komentar youtube

Selain menghidupkan diskusi (secara tertulis tentu saja), maka ini berarti guru juga telah melatih kemampuan siswa untuk membuat catatan dalam bentuk komentar-komentar di youtube. Secara tidak langsung, jika ini rutin dilakukan, maka siswa akan mudah memberikan komentar-komentar berupa catatan yang panjang dan penuh deskripsi dan eksplanasi.

Mengembangkan kreativitas siswa dalam pembuatan video dengan tugas upload ke youtube

Tentunya  untuk urusan membuat atau mengembangkan video tak dibatasi untuk guru saja. Ketika sebuah channel untuk pembelajaran di kelas di buat di youtube, maka berikan akses kepada siswa untuk mengupload video yang dibuatnya. Ini bukan harus video yang sempurna. Guru bisa menugaskan mereka untuk membuat video melalui rekaman perangkat mobile mereka untuk menjelaskan suatu hal, menjawab sebuah pertanyaan, bahkan mengupload sebuah pertanyaan atau fenomena yang mereka temukan untuk didiskusikan di channel youtube itu, atau bahkan nantinya saat bertemu muka di kelas.

Demikian beberapa manfaat yang dapat diraih jika guru menggunakan youtube dalam pembelajaran di era digital learning dan mobile learning ini. Semoga menginspirasi.

Baca Juga:
Alternatif Media Presentasi  Power Point: Knovio
Prinsip dan Teori E-Learning
Mengenal Moodle, Platform E-Learning Gratis untuk Guru
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...